oleh

Penyelidikan Berlanjut, Calo TKI Terekam CCTV Bandara

Kabar6-Kabar masih adanya praktek percaloan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di bandara Soekarno Hatta (BSH), Tangerang, kiranya bukanlah kabar bohong.

Dari penelusuran yang dilakukan oleh pengelola bandara melalui Closed Circuit Televition (CCTV), terungkap memang ada calo TKI yang bebas keluar masuk dari area loby terminal 2 BSH tanpa menggunakan ID pass, sebagaimana ketentuan dari pihak otoritas bandara.

“Saya telah koordinasi dengan kawan-kawan di bagian CCTV melalui telepon. Dan, hasilnya diketahui bahwa oknum calo TKI yang terekam CCTV itu bernama Agus,” ujar General Manager Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Syaiful Bahri, Kamis (22/8/2013).

Saat ini, kata Saiful, pihaknya sedang menyelidiki siapa sebenarnya Agus dan apa kepentingannya berada di area yang harusnya steril dari publik.

“Masih kami selidiki. Apakah oknum itu melibatkan instansi tertentu atau tidak. Kami harus hati-hati memberikan pernyataan. Beri kami waktu,” pintanya.

Namun demikian, lanjut Syaiful, bila Agus terbukti dari intansi TNI, maka pihaknya akan mengirimkan surat resmi kepada pimpinannya. “Tentunya ada prosedur. Kita tidak bisa menghukum bila pelaku berasal dari instansi tertentu,” kata Syaiful lagi.

Sesuai SOP (Standar Operation Perusahaan), calo TKI yang terbukti memeras TKI, hanya ditahan di kantor cabang pengamanan AP II selama 4 jam.

Ketika ditanya soal kemungkinan adanya keterlibatan oknum petugas keamanan bandara dalam praktek pungli tersebut, Syaiful juga mengaku masih menyelidikinya.(Ali)

Berita Terbaru