oleh

Penyebab Jerawat itu Ternyata Tergantung Letaknya Pada Wajah

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Hal yang sering menjengkelkan, jerawat bisa muncul di wajah bagian mana saja seperti dahi hingga dagu. Bahkan bisa di seluruh bagian wajah.

Menurut Dr Wang Zheng Hu, ahli pengobatan Tiongkok, letak jerawat dapat dijadikan sebagai sinyal masalah kesehatan yang sedang dialami oleh tubuh. Dikutip dari Beautynesia, mengacu sebuah ilmu pemetaaan wajah yang merupakan kombinasi teknik pengobatan kuno Ayurveda dan Tiongkok, bagian-bagian tertentu pada wajah sebenarnya terhubung dengan bagian tubuh lainnya.

Apa penyebab jerawat berdasarkan letaknya pada wajah?
1. Jerawat dahi
Jerawat pada dahi biasanya muncul karena ada sesuatu yang salah dalam sistem pencernaan seseorang. Hal ini umumnya terjadi karena banyak sisa makanan yang sulit dicerna.

Orang yang terbiasa mengonsumsi junk food atau makanan dengan kadar lemak berlebih, akan lebih berisiko mengalami jerawat pada bagian ini. Solusinya, lakukan diet makanan berlemak tinggi dan perbanyak konsumsi air putih serta sayuran agar kondisi pencernaan menjadi lebih sehat.

2. Jerawat di tengah alis
Jerawat ini muncul di antara kedua alis kanan dan kiri atau hidung bagian atas biasanya dikarenakan oleh masalah pada hati. Orang yang banyak mengkonsumsi alkohol dan merokok akan berisiko mengalami ini, karena lebih banyak memiliki tumpukan lemak pada hati.

Jerawat pada bagian ini juga bisa muncul sebagai reaksi alergi terhadap suatu jenis makanan. Solusinya, hentikan kebiasaan konsumsi alkohol dan juga kebiasaan merokok. Selain itu perhatikan juga makanan apa yang dapat memicu reaksi alergi pada tubuh.

3. Jerawat hidung
Biasanya muncul karena ada permasalahan pada organ jantung dan paru-paru. Orang yang terbiasa menghirup udara kotor dan lembap akan lebih berisiko mengalami jerawat ini. Solusinya, lakukan olahraga yang cukup dan pastikan Anda mendapat asupan oksigen dengan baik. Perbanyak juga konsumsi teh hijau karena dapat membantu proses keluarnya racun dari dalam tubuh.

4. Jerawat pipi
Berhubungan dengan sistem pencernaan. Biasanya akan muncul ketika seseorang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi.

Jerawat pada daerah pipi bisa juga muncul akibat adanya reaksi alergi terhadap suatu kandungan make up yang digunakan. Bisa juga reaksi terhadap sentuhan benda kotor misalnya handphone dan sarung bantal.

5. Jerawat bibir
Jerawat di daerah bibir biasanya akan muncul jika seseorang sedang mengalami sembelit. Kondisi ini menyebabkan sisa-sisa pencernaan yang mengandung banyak racun tidak dapat keluar dari tubuh. Nah, racun ini nantinya akan bercampur pada darah dan keluar sebagai jerawat.

Solusinya, perbanyak konsumsi air putih dan makanan yang mengandung serat agar sistem pembuangan kotoran menjadi lancar. Jerawat juga bisa muncul karena tidak cocok terhadap pasta gigi yang memiliki kandungan flouride berlebih. ** Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Pengaruhi Kesehatan Ginjal

6. Jerawat dagu
Biasanya disebabkan karena adanya gangguan hormon terutama hormon endokrin. Penyebabnya karena pola hidup yang tidak sehat ataupun pikiran yang stres. Wanita biasanya akan lebih berisiko mengalami jerawat di bagian ini karena pada saat menstruasi perubahan hormon tidak dapat dihindari. Solusinya, lakukan kegiatan yang bersifat relaksasi dan refreshing agar tidak stres. Konsumsi makanan yang seimbang untuk menjaga kesehatan kulit.

Mengetahui penyebab jerawat secara tepat, akan mempermudah proses penyembuhannya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru