Penyebab Jerawat Berdasarkan Letaknya

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jerawat (acne vulgaris) adalah suatu kondisi kulit yang terjadi saat folikel rambut Anda tersumbat dengan kulit mati dan minyak yang mengakibatkan peradangan. Kelenjar penghasil minyak di bawah kulit Anda disebut dengan kelenjar sebasea dan lubang pada kulit Anda disebut dengan pori–pori.

Jerawat dapat berupa bintil merah ringan hingga jerawat kistik yang nyeri. Biasanya terdapat pada wajah, pundak, punggung, dan dada. Jerawat dapat menyebabkan stres emosional dan dapat meninggalkan bekas. Semakin cepat diobati, semakin rendah risiko Anda untuk mengalami efek emosional dan fisik tersebut.

Namun tahukah Anda, dikutip dari berbagai sumber, penyebab jerawat ternyata berbeda tergantung letaknya, lho. Penasaran? Berikut uraiannya:

1. Tengah alis
Selain dapat diobati dengan cream anti jerawat, Anda disarankan untuk mengubah gaya hidup dan pola makan. Dianjurkan untuk berhenti merokok, konsumsi minuman keras dan junk food. Ketiga hal itu dapat memicu timbulnya jerawat di bagian tengah alis.

2. Dagu
Kondisi ini disebabkan karena level hormon yang tidak seimbang. Segera cek level hormon Anda pada dokter. Selain karena hormon, penyebab munculnya jerawat pada daerah dagu adalah stres. Jadi sebaiknya hindari stres berlebih jika tidak ingin kondisi jerawat semakin parah.

3. Dahi
Penyebab jerawat pada daerah dahi salah satunya dipicu oleh pola makan Anda. Apakah Anda sering mengonsumsi makanan berlemak? Jika ya, sebaiknya kurangi jenis makanan tersebut.

4. Hidung
Sebaiknya kurangi konsumsi daging, makanan pedas dan garam. Sebagai gantinya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung omega 3 dan omega 6 seperti kacang, telur dan ikan tuna. Jangan lupa juga konsumsi sayur dan buah.

5. Pipi
Ternyata penyebab dan penanganan jerawat pada pipi bagian kiri dan kanan akan berbeda. Pada bagian kiri, untuk meminimalisirnya Anda dianjurkan perbanyak konsumsi melon dan mentimun. Sedangkan pada bagian pipi kanan, disarankan rutin berolahraga seperti aerobik dan latihan pernapasan. Selain itu, hindari makanan yang mengandung gula, makanan laut dan junk food.

6. Mulut
Perbaiki pola makan Anda seperti hindari terlebih dahulu makanan pedas dan gorengan. Disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. ** Baca juga: Apa Saja Pemicu Kulit Wajah Jadi Kering?

Dengan mengetahui penyebab jerawat berdasarkan letaknya, Anda pun dapat mengobatinya dengan cara tepat dan efektif.(ilj/bbs)