Penyebab Anda Sulit Mengingat Nama Seseorang

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Harus diakui, terkadang beberapa kali kita sering lupa mengingat nama seseorang yang barus aja dikenal, atau bahkan teman lama. Mengapa hal ini sering terjadi?

Menurut Charan Ranganath, Direktur Program Memori dan Plastisitas di University of California, melansir Okezone, penjelasan paling sederhananya adalah karena Anda tidak begitu tertarik terhadap nama tersebut. “Manusia sangat baik dalam mengingat hal-hal yang ingin mereka pelajari. Terkadang Anda ingin mengingat nama orang dan di lain waktu itu lebih seperti hal yang terlewat karena pada saat itu Anda berpikir itu penting,” kata Charan.

Charan mengimbau agar Anda berusaha lebih dari biasanya untuk bisa mengunci sebuah nama. Misal saat Anda bertemu seseorang bernama Dewi ketika lari pagi, Anda akan lebih mengingat Dewi bila menandai Dewi sebagai ‘Dewi Si Pelari’.

Atau bahkan saat bicara, coba untuk mengingat nama lawan bicara Anda lebih kuat. “Tindakan yang benar-benar menguji diri sendiri akan membantu Anda mempertahankan (mengingat nama) lebih baik dalam jangka panjang,” tambah Charan. ** Baca juga: Bagaimana Bisa Makan Banyak Tapi Tubuh Tetap Kurus?

Hal yang lebih mengejutkan adalah ketika Anda menemukan satu hal yang membuat Anda tidak suka dengan orang tersebut, maka Anda akan jauh lebih mengingatnya. Contohnya saat Anda membenci Tono, maka nama tersebut malah menempel lebih lama dan itu kenapa Anda jauh lebih mudah mengingat Tono dibanding orang lain. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Apakah Anda pun mengalami hal yang sama? (ilj/bbs)