oleh

Penting untuk Bersihkan Lubang Hidung Secara Rutin

Kabar6-Mungkin belum banyak yang paham bahwa hidung pun harus dijaga kebersihan bagian dalamnya dengan cara dicuci. Meskiun begitu, bukan berarti mencuci hidung dengan menggunakan sabun, lho.

Setidaknya, ada metode yang bisa digunakan untuk mencuci hidung. Melansir MSN, metode itu antara lain secara manual menggunakan suntikan berisi air NaCl atau menggunakan spray elektrik yang juga berisi cairan. Caranya, cairan tersebut dimasukkan ke hidung secara bergantian. Kemudian cairan dibiarkan keluar dari lubang hidung lainnya.

Pentingnya mencuci hidung untuk menghilangkan debu hingga segala jenis bakteri, kuman, lalu virus yang bisa menimbulkan penyakit. Fungsi lainnya juga agar hidung tetap dalam kondisi hidrasi.

Hidung tidak boleh kering agar tidak mengganggu sistem saraf dari penciuman. Jadi sebaiknya lakukan hidrasi atau melembapkan area hidung. Ya, tidak hanya kulit wajah yang lembap, hidung juga butuh pelembap.

Hidung yang sering dibersihkan juga bisa jadi tindakan pencegahan penyakit saluran napas. Hidung menjadi organ pertama sebagai filter segala yang terhirup. Orang dewasa bernapas melalui hidung sebanyak 80 sampai 90 persen, sehingga penting merawat kondisi hidung tetap bersih.

Apabila hidung bersih, maka kemungkinan penyakit saluran napas seperti asma, sesak, batuk bisa minim terjadi. Bagi orang yang memiliki alergi debu juga sangat bermanfaat, karena bisa mengurangi kemungkinan kambuh alergi yang menyebabkan bersin dan hidung berlendir.

Jika sering gatal pada area mata juga hidung berlendir, patut dicurigai adanya alergi debu, sehingga sangat disarankan agar rutin membersihkan hidung. ** Baca juga: Apa Sebab Mulut Terasa Pahit Saat Puasa?

Tindakan cuci hidung bisa rutin dilakukan sendiri di rumah. Bersihkan hidung 2-3 kali sehari. Atau minimal sehari sekali setiap malam sebelum tidur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru