oleh

Penjelasan Ilmiah Mengapa Kebanyakan Tisu Toilet Berwarna Putih

Kabar6-Tisu menjadi benda yang wajib ada di toilet. Ada beragam jenis dan kualias tisu. Nah pernahkah Anda perhatikan atau penasaran, mengapa kebanyakan tisu berwarna putih? Apakah ada alasan tertentu, atau hanya sebuah kebetulan saja?

Bukan tanpa alasan, melansir Dreamers, ternyata ada sejumlah alasan tisu toilet berwarna putih. Apa sajakah itu?

1. Melalui proses pemutihan
Setiap produk tisu toilet pasti akan melalui proses pemutihan atau bleaching. Selain membuat warna cokelat asli dari kayu menjadi putih, proses ini dilakukan untuk menghilangkan zat lignin yang membuat kayu pohon menjadi kaku. Dengan larutnya zat lignin, tisu toilet akan lebih terasa halus dan lembut.

2. Ramah lingkungan
Dengan terurainya zat lignin, tisu toilet yang sudah menjadi halus dan lembut dapat lebih cepat terurai. Selain itu, produsen tisu juga tidak ingin menambah risiko pengeluaran juga pencemaran lingkungan dengan membuat warna pada tisu.

Pewarnaan tisu akan meningkatkan pembuangan limbah sisa zat pewarna. ** Baca juga: Selain Minum Kopi, Ada 4 Cara Bangkitkan Energi Tubuh

3.  Risiko kesehatan
Jika tisu toilet diberi zat pewarna, maka akan ada zat Rhodamin B di dalam produk tisu. Penggunaan Rhodamin B dengan jumlah yang banyak diketahui akan meningkatkan risiko gejala iritasi jika produk bersentuhan langsung dengan tubuh manusia.

Sudahkah Anda menyediakan tisu dalam toilet?(ilj/bbs)

Berita Terbaru