Home / Aneka Berita / Busyet Dah / Penjahat Perang Ini Tewas Usai Minum Racun Saat Sidang di Pengadilan
Detik-detik saat Praljak meminum racun.(Pedestrian)

Penjahat Perang Ini Tewas Usai Minum Racun Saat Sidang di Pengadilan

Kabar6-Slobodan Praljak (72), seorang penjahat perang Bosnia, meninggal dunia setelah menenggak racun di tengah sidang pengadilan hak asasi manusia. Pria tersebut nekat minum racun saat seorang hakim menolak untuk mengurangi masa hukumannya.

Praljak adalah komandan perang pasukan Kroasia. Menurut pengacaranya, seperti dilansir Business Insider, Praljak memutuskan menenggak cairan beracun saat persidangan di pengadilan kejahatan perang PBB, setelah hakim menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara.

Saat itu Praljak terlihat memiringkan kepalanya ke belakang dan menenggak botol racun itu saat hakim menyampaikan vonis tersebut. Selanjutnya Praljak mengatakan, “Saya bukan penjahat perang, saya menentang putusan ini.”

Carmel Agius yang menjadi Hakim Ketua langsung menghentikan persidangan, dan meminta seorang dokter untuk datang memeriksa terdakwa. Praljak meninggal di sebuah rumah sakit di Den Haag. Peristiwa tersebut terjadi di menit akhir putusan terakhir pengadilan.

Diketahui, Praljak dihukum karena terlibat dalam kejahatan perang saat pasukan Kroasia di Bosnia mengusir orang-orang Muslim dari kota-kota dan desa-desa selama perang 1992-1995. ** Baca juga: Restoran di Australia Jual Hot Dog Seharga Nyaris Satu Juta Rupiah

Pria tersebut secara khusus ditugaskan untuk menghancurkan jembatan abad ke-16 Mostar pada 1993, yang menyebabkan kerusakan signifikan pada populasi Muslim dan menjadi simbol perang Muslim-Bosnia.(ilj/bbs)

Check Also

Kasihan, Kaki Seorang Bayi Hangus Gara-gara Pengering Rambut

Kabar6-Malang benar nasib seorang bayi asal Xincai, Provinsi Henan, Tiongkok, ini. Bayi berjenis kelamin laki-laki ...