oleh

Pengukuhan Satgas PA Tangsel Tercatat di Rekor MURI

Kabar6-Meski di mata dunia Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah, namun kasus tindak kekerasan yang menimpa anak-anak di negri ini cenderung meningkat dan semakin mencemaskan.

Untuk meminimalisir kasus tersebut, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, membentuk satuan tugas dan relawan perlindungan anak (Satgas PA).

Saat ini, kata Airin, Satgas PA telah ada di seluruh wilayah tingkat Rukun Warga (RW) di 54 kelurahan se Kota Tangsel.

“Ini bentuk perlindungan dini terhadap anak di keluarga maupun masyarakat,” ujar Airin saat peringatan puncak Hari Anak Nasional Tingkat Kota Tangsel di Pamulang, Kamis (22/8/2013).

Airin berharap, dengan adanya Satgas PA ini, Kota Tangsel yang notabene sudah ditetapkan sebagai kota layak anak, bisa semakin memahami bagaimana anak-anak bisa merasakan hidup aman, nyaman dan
damai.

“Tujuannya, agar anak di Tangsel ini bisa tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang mandiri dan memiliki wawasan luas,” ujar Airin.

Dikatakan Airin, saat ini Kota Tangsel sudah memiliki 108 Satgas dan 540 relawan di tingkat RW. Kedepannya Satgas dan relawan ini akan sampai ke tingkat RT.

Satgas dan relawan perlindungan anak dimaksud memiliki fungsi untuk menerima pengaduan dan memberikan perlindungan terhadap anak khusunya yang memiliki masalah akibat tindakan kekerasan, mendampingi anak-anak yang tersangkut masalah hukum.

“Juga meminimalisir tindakan kekerasan terhadap anak dan memantau dan melaporkan jika suatu wilayah nterjadi praktik-praktik kekerasan terhjadap anak yang dilakukan orangtua,” jelas Airin.

Sementara, pemerhati masalah anak sekaligus aktivis, Seto Mulyadi, menjelaskan, sepanjang catatan hingga kini baru di Kota Tangsel yang memiliki Satgas dan relawan perlindungan anak.

Hal inilah yang membuat Kota Tangsel mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dari Pembina Satgas PA pusat atas dikukuhkannya Satgas PA di daerah tersebut.

Dikatakan Kak Seto, yang juga sebagai Satgas PA pusat, rekor MURI dan penghargaan dari pembina Satgas PA diberikan karen hingga saat ini baru Kota Tangsel yang miliki Satgas PA diseluruh RW-nya.

“Baru Kota Tangsel yang membentuk dan miliki Satgas merata tersebar diseluruh diwilayahnya,” ujar Kak Seto.

Hal serupa juga diungkapkan Muhamad Ikhsan, Ketua Satgas PA Pusat. “Dengan begini ada perpanjangan tangan untuk menjaga dan mencegah kekerasan terhadap anak,” jelasnya.(yud)

Berita Terbaru