oleh

Pengukuhan 50 Pelajar Paskibraka, Wali Kota Tangsel: Ikrar Dipedomani dan Dihayati

Kabar6-Sebanyak 50 orang pelajar yang terpilih dalam pasukan pengibar duplikat bendera pusaka (Paskibraka) Merah Putih dikukuhkan. Mereka akan menjalankan tugas penting mengibarkan serta menurunkan bendera saat peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada 17 Agustus besok di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Pelajar yang tergabung dalam paskibraka tentunya akan menorehkan kebanggaan dan peristiwa bersejarah tersendiri,” ungkap Wali Kota, Benyamin Davnie di ruang Blandongan, Puspemkot Tangsel, Senin (15/8/2022).

Suasana hikmat terlihat saat pembacaan ikrar putra dan putri Indonesia. Perwakilan dari Paskibraka 2022 Kota Tangsel mencium bendera Merah Putih.

Benyamin mengatakan, mesti disadari bersama bahwa generasi muda selalu menempati peran perjalanan bangsa yang strategis dan peristiwa penting yang terjadi. Tulang punggung dari keutuhan perjuangan melawan penjajahan ketika itu.

Peran tersebut tetap disandang oleh generasi muda saat ini hingga masa yang akan datang. Pemuda dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara mesti diberdayakan serta dikembangkan.

Semua latihan, lanjut Benyamin, ditujukan sebagai media untuk menanamkan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai luhur patriotisme yang menjadi faktor signifikan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Membangun tradisi dan prilaku positif bagi para pelajar mengisyaratkan pentingnya kedisplinan, ketegasan, kecerdasan dan kebersamaan.

“Menumbuhkan semangat kemerdekaan, menanamkan nilai-nilai sosial agar mampu menanamkan sikap dan perilaku yang baik di tengah-tengah kehidupan masyarakat,” terangnya.

Benyamin berpesan, semua anggota paskibraka untuk dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menghadapi tugas penting pada 17 Agustus nanti. Jaga kondisi dan tetap sehat. Konsentrasi yang baik. “Dengan demikian tugas penting pada upacara pengibaran maupun penurunan bendera Merah Putih dapat dilaksanakan dengan baik,” pesannya.

“Saya berharap ikrar yang telah diucapkan benar-benar dihayati, dipedomani dan dijalankan dalam pengabdian anak-anak ku terhadap bangsa dan negara di masa kini dan akan datang,” tambah Benyamin.

Sebelumnya di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangsel, Mursinah menerangkan, metode yang dipakai dalam pemusatan latihan adalah pendekatan keluarga bahagia. Diterapkan secara khas tentunya semua tahapan pelaksanaan dalam pemusatan latihan memperhatikan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran virus Covid-19.

“Dalam desa bahagia tersebut para peserta diajak menghayati makna kehidupan. Berisi acara-acara yang dasarnya mempraktekkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Hal ini selaras dengan amanat Perpres Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan DPIP Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui Paskibraka.

**Baca juga: Dinas Cipta Karya Tangsel Bangun SPAM di Perumahan Villa Mutiara Serpong

Pelaksanaan pemusatan latihan calon Paskibraka Kota Tangsel diselenggarakan pada 4-16 Agustus 2022 di Lapangan Cilenggang, dan Hotel Marlyn sebagai asrama.

“Dalam pemusatan latihan para peserta telah mengikuti bersama para pelatih dan pasukan pengawal yang dipercayakan pada Batalyon Kavaleri 9 SDK berkoordinasi dengan Brigade 1 Limpung Anugoro Kota Tangerang Selatan,” papar Mursinah.(Adv)