oleh

Penggunaan Headphone yang Tidak Tepat Bisa Bahayakan Pendengaran

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6- Demi kenyamanan dan privasi, orang lebih memilih menggunakan headphone untuk mendengarkan musik. Padahal para ahli percaya bahwa salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan angka berkurangnya pendengaran adalah penggunaan headphone yang salah.

Hal yang sebaiknya Anda ketahui, jika headphone digunakan dengan durasi dan volume yang salah, dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen. Dikutip Peduli Sehat, suara dari headphone yang masuk ke dalam liang telinga, menggetarkan gendang telinga dan akan diteruskan oleh tulang pendengaran.

Pada akhirnya, getaran ini akan menggetarkan sel rambut pada koklea, yang akan dilanjutkan untuk merangsang pusat pendengaran di otak. Sel rambut ini merupakan target dari suara yang keras.

Paparan terhadap musik yang keras dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan sel rambut. Nah, sel rambut akan digantikan oleh jaringan parut, yang akan menyebabkan ketulian.

Alat pemutar MP3 atau handphone Anda dapat memproduksi suara sampai kekuatan 120 db, yang merupakan kekuatan suara dari sebuah konser musik rock. ** Baca juga: 7 Makanan Ini Justru Bikin Anda Tambah Lapar

Kerusakan pada sel rambut telinga akan mulai terlihat setelah satu jam dalam paparan ini. Namun, tanda suara headphone Anda sudah terlalu keras adalah ketika Anda tidak dapat mendengarkan suara di sekitar ketika menggunakan headphone.

Solusinya, hindari menggunakan headphone dengan volume melebihi 60 persen kekuatan volume maksimal, dan tidak lebih dari 60 menit setiap harinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru