oleh

Pengguna Media Sosial Miliki Risiko Depresi Lebih Tinggi

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apakah Anda pengguna aktif media sosial (medsos)? Jika benar, tampaknya harus lebih bijaksana lagi menggunakan medsos. Studi dari Universitas Pittsburgh menunjukkan bahwa pengguna medsos yang terlalu sering hampir tiga kali lebih mungkin mengalami depresi daripada yang tidak.

Diketahui, sebuah studi Ontario menunjukkan bahwa 80 persen remaja menggunakan media sosial setiap hari, dengan hampir 50 persen menggunakannya selama lebih dari dua jam per hari.

Semakin banyak remaja terlibat dengan media sosial, dikutip dari Meetdoctor, semakin besar risiko mengalami gangguan tidur, tidak percaya diri, depresi atau mengalami kecemasan. Menggunakan medsos pada malam hari dapat mendapatkan risiko ‘signifikan’ yang lebih tinggi untuk kualitas tidur yang buruk.

Seseorang pengguna medsos yang berlebihan lebih sering duduk di kursi, diam di kamar mereka, dan terpaku pada layar mereka. Akibatnya, tidak sedikit dari mereka yang melewatkan makan, karena tidak mau terlepas dari medsos-nya. Kondisi ini tentu saja sangat mengkhawatirkan, karena dapat mengganggu kesehatan mental.

Apa saja ciri-ciri Anda sedang terpengaruh oleh media sosial?
1. Tingkat percaya diri yang rendah
2. Merasa tidak percaya diri ketika melihat foto dan gaya hidup orang lain
3. Iri dengan orang lain atau ingin hidup Anda seperti orang lain
4. Menemukan medsos sebagai pilihan pertama & dilakukan untuk kesenangan.
5. Tidak memiliki banyak waktu untuk berkumpul atau bercengkrama dengan keluarga & teman-teman. ** Baca juga: Warna Kulit Tidak Rata Bisa Disebabkan Oleh Enam Aktivitas Berikut

Apakah Anda salah satu di antaranya? (ilj/bbs)

Berita Terbaru