oleh

Pengamat Nilai Teguran Pemkot ke Tang City Masih Setengah Hati

Kabar6-Kerumunan di Tang City Mall mendapat sorotan dari pengamat. Pasalnya, hal itu berdampak dengan pemerintah kota Tangerang menegur pengelola Tangcity Mall karena tergolong lalai dalam menerapkan protokol kesehatan yang berdampak membludaknya kerumuman.

Dampaknya Arief R Wismansyah dengan beberapa pihak melakukan tinjaun ke Mall Tang City.

Pengamat Komunikasi Publik Mochammad Mirza mengamini keputusan Pemerintah kota Tangerang memberikan teguran kepada pengelola mall.

Hal ini dibutuhan sebagai warning kepada pengelola mall agar tidak kendor terhadap protokol kesehatan. Sayangnya teguran yang disampaikan ini masih bersifat lisan dianggap masih kurang efisien.

“Teguran lisan yang disampaikan, saya menilai masih belum cukup, butuh tindak lanjut secara tertulis agar pemkot serius menindak lanjuti laporan yang diterima,” kata Mirza dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/5/2021).

Mirza menyatakan masih mengamati apakah ada tidak, tindak lanjut dari perkara tersebut yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang dengan memberikan sanksi tegas pada pengelola mall.

“Atau malah jangan, jangan teguran yang diberikan kemarin hanya bersifat formalitas,” kata Mochammad Mirza Dosen Ilmu Komunikasi Univeritas Islam Syekh Yusuf Tangerang.

“Tindak lanjut pemerintah kota tangerang sekarang ditunggu karena nantinya berdampak dengan para pengelola usaha lain yang ada di Kota Tangerang untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan dan lebih hati- hati jika timbul keramaian,” terangnya.

Untuk para pengelola mall, kata Mirza, termasuk pelaku usaha di kota Tangerang untuk melakukan evaluasi di internal dengan meningkatnya kunjungan seperti buka puasa bersama atau berbelanja untuk kebutuhan lebaran, butuh adanya upaya berbeda dari bulan-bulan sebelumnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah bersama unsur Tiga Pilar Kota Tangerang melakukan tinjauan ke salah satu pusat perbelanjaan di Kota Tangerang sebagai langkah antisipatif kembali terjadinya kerumunan pengunjung beberapa waktu lalu.

Arief menyampaikan tinjauan ini dilakukan sebagai tindak lanjut rapat Forkopimda serta imbauan dari Kemendagri, pemkot bersama tni polri memantau kondisi pusat – pusat perbelanjaan yang ada di Kota Tangerang.

“Beberapa waktu lalu, sejumlah mall ramai dikunjungi pengunjung, jadi kita cek antisipasinya seperti apa,” ujar Wali Kota yang hadir bersama Kapolres Metro Tangerang Kota Deonijiu De Fatima di Tang City Mall, Senin (3/5/2021).

Dari hasil tinjauan, kata Arief, didapati kondisi jalur yang disediakan bagi pengunjung yang datang ke mall tersebut lebih kecil dibanding jalur yang disediakan bagi para pedagang.

**Baca juga: Tes GeNose Mulai Diterapkan di Kota Tangerang

“Kemakan sama jalur pedagang, makanya kami minta pengelola pusat – pusat perbelanjaan mengatur ruang yang memadai untuk pengunjung,”

“Sehingga tidak terjadi kerumunan di pusat perbelanjaan. Kalau ada yang jadi carrier kan menyebabkan penularan covid-19,” katanya.(Oke)

Berita Terbaru