oleh

Pengadaan Makam Covid-19 di Desa Sayar Akan Gunakan Dana Refocusing

Kabar6-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berencana untuk menyediakan lahan pemakaman korban meninggal akibat virus corona atau Covid-19 di Kelurahan Sayar, Kota Serang.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten, Rina Dewiyanti mengatakan, untuk pengadaannya sendiri, rencananya akan diambil dari pos anggaran refocusing covid-19 seperti yang saat ini yang tengah dibahas Pemprov Banten sebelum nantinya laporannya diserahkan ke Mendagri, setelah sebelumnya memiliki payung hukum berupa Pergub.

“Rencana iya (menggunakan anggaran refocusing),” terang Rina kepada wartawan, Senin (6/4/2020).

Menurutnya, hal itu diambil sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat, salah satunya dengan menyediakan lahan pemakaman korban covid-19.

Saat disinggung mengenai luasan lahan yang akan digunakan sebagai tempat untuk pemakaman korban covid-19 yang akan diadakan di Kelurahan Sayar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, sambung Rina, untuk sementara baru akan disediakan seluas satu hektar terlebih dahulu, sebelum nantinya bisa ditambah jika diperlukan.

“Sementara satu hektar. Sekitaran satu hektaran,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Banten, Nawa Said Dimyati berharap kepada Pemprov Banten untuk bijak dalam menggunakan anggaran refocusing, dengan harapan agar tepat sasaran.

Menurutnya, rencana pengadaan lahan korban covid-19 di Desa Sayar tersebut dinilai kurang tepat, dikarenakan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan Pemprov Banten, melihat alokasi dan kebutuhan yang ada.

**Baca juga: Ditenggat 2 Hari, Anggaran Refocusing Banten Belum Final.

Dengan begitu, kata dia, alokasi anggaran refocusing covid-19 tersebut bisa benar-benar tepat guna dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Seharusnya itu cukup oleh Kabupaten/kota saja. Apalagi Pemprov kan tidak memiliki OPD Dinas pemakaman,” katanya.(Den)

Berita Terbaru