oleh

Penelitian Ungkapkan, Para Pasangan Lansia Ternyata Cukup Sering Bercinta

Kabar6-Selama ini mungkin Anda beranggapan bahwa pasangan lanjut usia (lansia) sudah tidak lagi melakukan kegiatan bercinta. Namun sebuah penelitian baru menemukan, para lansia ternyata cukup sering berhubungan intim, lho.

Untuk mengetahui hal tersebut, melansir womenshealthmag, para ahli melakukan sebuah survei pada lebih dari 6.000 orang pria dan wanita di Inggris yang berusia antara 50-90 tahun tentang kondisi kesehatan organ reproduksinya dan aktivitas seksual mereka sehari-hari. Hasilnya, survei tersebut menunjukkan ada sekira 33 persen pria berusia 70 tahun dan 19 persen pria berusia 80 tahun, yang masih berhubungan intim setidaknya dua kali setiap bulan.

Survei ini juga menunjukkan, ada sekira 36 persen wanita berusia 70 tahun dan 32 persen wanita berusia 80 tahun, yang masih berhubungan intim setidaknya dua kali setiap bulan.

Meskipun hasilnya cukup mengejutkan, secara keseluruhan penelitian ini menemukan bahwa setiap peserta survei semakin jarang berhubungan intim dengan pasangannya seiring dengan semakin bertambahnya usia mereka. Sebagian besarnya dikarenakan berbagai gangguan kesehatan yang terjadi seiring dengan semakin bertambahnya usia mereka seperti radang sendi atau disfungsi ereksi atau kesulitan mencapai orgasme.

Hal mengejutkan lain yang ditemukan para peneliti adalah seiring dengan semakin bertambahnya usia seorang wanita, maka tingkat ketidakpuasan seorang wanita saat berhubungan intim pun akan semakin menurun, sementara para pria justru mengalami hal yang sebaliknya (merasa semakin tidak puas secara seksual seiring dengan semakin bertambahnya usia mereka). ** Baca juga: Yuk, Mulai Kurangi Dengar Musik Lewat Earphone

Dugaan para peneliti, hal ini dikarenakan seks tidak lagi menjadi terlalu penting bagi para wanita seiring dengan semakin bertambahnya usia mereka.(ilj/bbs)

Berita Terbaru