oleh

Peneliti Ungkap, Manusia Sudah Merokok Sejak 12 Ribu Tahun Silam

Kabar6-Penemuan benih tanaman tembakau pada perapian kuno di Amerika Serikat (AS), menguak fakta bahwa manusia telah merokok atau menggunakan tembakau sejak lebih dari 12 ribu tahun silam.

Penemuan tersebut menunjukkan, penggunaan tembakau pertama dalam peradaban manusia diketahui berlangsung sekira 9.000 tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

Pada penemuan terbaru itu, tembakau ditemukan di perapian di negara bagian Utah, AS. Sementara, melansir Newsweek, bukti yang ditemukan sebelumnya berupa pipa rokok berusia 3.300 tahun, juga ditemukan di AS. Para peneliti mengatakan, penemuan di Utah kali ini menunjukkan, sejak ribuan tahun yang lampau orang telah menggunakan tanaman tembakau, baik untuk merokok atau menghisapnya dengan cara lain.

“(Penemuan) benih tembakau ini adalah kejutan besar. Mereka sangat kecil dan langka untuk dilestarikan,” terang seorang peneliti. “Ini menunjukkan bahwa orang mempelajari sifat memabukkan tembakau relatif lebih awal ketika mereka berada di sini daripada budidaya dan pertanian tanaman ini ribuan tahun kemudian.”

Temuan tersebut juga menunjukkan, penduduk asli Amerika atau dikenal juga sebagai orang-orang Indian, mungkin telah mengonsumsi tembakau sebagai makanan. ** Baca juga: Selama Pandemi COVID-19, Kasus Bunuh Diri Anak di Jepang Capai Rekor Tertinggi

Tembakau lazimnya digunakan untuk merokok, setelah daun-daun yang tua dari tanaman itu diolah melewati berbagai proses.(ilj/bbs)

Berita Terbaru