oleh

Peneliti Inggris Sebut Sejumlah Hewan yang Berpotensi Sebarkan COVID-19 di Masa Depan

Kabar6-Studi dengan menggunakan teknologi AI dilakukan peneliti Inggris untuk mengetahui apakah ada kemungkinan kucing, kelinci, dan landak menjadi sumber penyebaran COVID-19 di masa depan.

“Kami ingin tahu dari mana datangnya virus Vorona berikutnya,” kata Dr Marcus Blagvore, ahli virologi Universitas Liverpool. ** Baca juga: Tiongkok Bangun Antena Raksasa yang Bakal Tangkap Data dari Mars dari Jarak 250 Juta Mil

Temukan yang diterbitkan dalam Nature Communications, melansir Okezone, menggambarkan bagaimana kecerdasan buatan digunakan untuk memprediksi inang hewan yang sebelumnya tidak masuk dalam list dugaan hewan penyebar SARS-CoV2 penyebab COVID-19.

Menurut peneliti, dari 876 spesies mamalia potensial kemungkinan mereka akan menjadi inang virus dari 411 strain baru. Triknya adalah mengurai spesies yang bisa menampung dua strain sekaligus, lalu menciptakan tempat berkembang biak bagi virus mutan yang kuat.

Penelitian sebelumnya mengatakan, rekombinasi sudah diamati pada beberapa spesies ini. Namun menurut ketua peneliti, Dr Maya Wadeh, untuk mengidentifikasi sumber baru bagi strain ‘anakan’ yang belum ditemukan, algoritme tersebut mendasarkan penilaiannya pada kesamaan biologis antara inang yang diketahui dan spesies terkait.

“Kami dapat memprediksi spesies mana yang memiliki peluang banyak virus corona untuk menginfeksi mereka,” kata Dr Wadeh. “Entah karena mereka sangat dekat hubungannya dengan spesies yang diketahui membawa virus Corona atau karena mereka berbagi ruang geografis yang sama.”

Para ilmuwan berharap, temuan ini akan membantu mendorong pemantauan yang lebih menyeluruh tentang bagaimana dan di mana alam liar bertemu dengan dunia manusia.

Hal ini karena para peneliti menunjukkan bahwa penyebaran virus dari hewan ke manusia sebagian besar adalah hasil dari aktivitas manusia yang sembrono.(ilj/bbs)

Berita Terbaru