oleh

Penderita Down Syndrome Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun

Frances Gillett.(dailymail)
Frances Gillett.(dailymail)

Kabar6-Sindrom Down (down syndrome) merupakan kelainan genetik yang berdampak pada keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mental. Istilah ini pertama kali dikenal pada 1866 oleh Dr.John Longdon Down.

Nah beberapa waktu lalu, Frances Gillett, asal Inggris, yang disebut-sebut sebagai wanita tertua di dunia yang mengidap down syndrome, merayakan ulang tahunnya yang ke 75 tahun.

Dilansir laman Daily Mail, Frances juga pernah menderita kanker payudara dan TBC. Wanita ini lahir pada 1941, ketika angka harapan hidup bagi penderita down syndrome hanya mencapai usia 20-an.

Frances merayakan ulang tahunnya bersama keluarga dan teman-temannya di rumah perawatan (residential home) yang ditinggalinya di Ely, Cambridgesdhire. Sebelumnya, dikutip dari Aura, Frances tinggal bersama orangtuanya sebelum pindah ke rumah perawatan 20 tahun lalu.

“Frances sangat menakjubkan dan dia telah menjadi bagian dari keluarga kami. Dia suka dengan kegiatan menyulam dan menjahit, meskipun penglihatannya sudah menurun sekarang, dan dia juga menyukai musik,” ujar Wayne Bent, salah seorang pemilik rumah perawatan.

Sebelumnya, Dollie Grissom (74) asal Oklahoma, merupakan wanita pengidap down syndrome tertua di dunia. Sedangkan pria pengidap down syndrome tertua di dunia, Joe Sanderson asal Cleveland, berusia 80 tahun pada Maret lalu. ** Baca juga: Begini Lho Tren Pernikahan 2016

Angka harapan hidup penderita down syndrome semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Diperkirakan sekitar 775 bayi di Inggris dan Wales lahir dengan down syndrome setiap tahunnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru