oleh

Penataan Kabel FO di Tangsel Bukan Sekedar Jaga Estetika

image_pdfimage_print

Kabar6-Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan mengatakan, penataan kabel fiber optik bukan hanya sekedar masalah estetika. Tahun ini dilakukan penataan pada lima ruas jalan.

“Ini bicara masalah keselamatan orang juga,” ungkap Pilar di Jalan Merpati, Kecamatan Ciputat dikutip Minggu (28/4/2024).

Pilar menyebutkan di sejumlah daerah kesemrawutan kabel fiber optik sudah banyak merenggut korban luka parah.

Bahkan ada pengendara motor sampai pita suaranya putus akibat tersangkut kabel yang menjuntai ke jalan. Ia berharap masalah serupa tidak terjadi di Tangsel.

“Kalau sampai kejadian baik dari masyarakat maupun pemkot pasti melakukan penuntutan,” terangnya.

**Baca Juga: Jatuh dari Pohon, AKP Sukirno Kasie Propam Polres Tangsel Wafat

Kelima titik lokasi tanam kabel fiber optik antara lain pada ruas Jalan Raya Serua dan Jalan Raya Merpati di Kecamatan Ciputat. Jalan WR Supratman; Jalan Menjangan dan Jalan Kelurahan di Kecamatan Serpong.

“Ya tahun ini sudah dimulai. Deket-deket ini lah prioritas kita,” kata Pilar Saga Ichsan di ruas Jalan Raya Serua, Kamis (18/4/2024).

Pemerintah Kota Tangsel, menurutnya, telah diskusi bareng Asosiasi Pengusaha Jaringan Telekomunikasi (Apjatel). Lembaga tersebut menyatakan siap memindahkan kabel-kabel lintas udara ditanam di bawah tanah.

Pilar tegaskan, seluruh biaya pekerjaan pemindahan kabel-kabel fiber optik ditanggung oleh masing-masing provider. Termasuk pencabutan banyak tiang besi yang berdiri kokoh di sepanjang tepi lima ruas jalan tersebut.

“Jadi program ini non APBD. Kita target Tangsel kedepan terbebas dari kabel yang menjuntai di atas. Jadi kita target semua, kita targetkan one pol beberapa ruas jalan,” tambahnya.(yud)

Print Friendly, PDF & Email