oleh

Penanganan Longsor di Cipayung Diperkirakan 3 Hingga 4 Hari

Kabar6-Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie memperkirakan, penanganan tanah longsor di Cipayung, Ciputat, akan memakan waktu 3 hingga 4 hari, Sabtu (12/6/2021).

Benyamin menerangkan, untuk sementara perbaikan pada tebimg yang longsor akan ditancapkan bambu terlebih dahulu.

“Untuk sementara nanti tebing yang curam itu akan dipakaikan bambu dulu agar tidak rontok lagi tanahnya, untuk jangka panjangnya yaitu nanti kita minta bantuan BPPT untuk teknisnya seperti apa, kita akan lakukan perbaikan,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (12/6/2021).

Menurut Benyamin, saat longsor terjadi, beton atau turap yang tebal itu tidak samlai ke dasar tanah yang keras. Sehingga, aliran air bawah itu lama-lama tanah tergerus dengan air.

**Baca juga: BPBD Tangsel Buka Posko di Lokasi Longsor Perumahan Nerada Ciputat

“Nah ketika tanah dibawahnya kosong, beton ini tak memiliki dudukannya, nah mulai dari situ mulai runtuh. Reruntuhannya membawa tanah, pepohonan, dan runtuhan beton itu menutupi kali, tutupan tadi akhirnya menyumbat aliran sungai,” tutupnya.

Dalam pantauan Kabar6.com dilokasi, terlibat 3 mobil ekcavator, 2 dari BPBD Tangsel dan 1 dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).(eka)

Berita Terbaru