oleh

Penampilan Korsik Memukau saat Upacara HUT RI ke-77 di Kota Tangerang

Kabar6-Dibalik gagah dan berdirinya bendera merah putih di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) RI ke-77, tidak terlepas juga ada peran perangkat Korps Musik (korsik) yang membawakan instrumen musik dalam upacara itu.

32 personel pelajar dari jenjang SMP – SMA di Kota Tangerang untuk gigi dalam membawakan alat musik dengan instrumen lagu kebesaran upacara HUT RI ke-77. Penampilan tersebut memukau peserta upacara.

Mereka dipandu langsung oleh Konduktor yang sekaligus menjabat Ketua Umum Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Tangerang, Chaerudin Aripriansyah.

Puluhan pelajar tersebut begitu semangat dan antusias memainkan alat musik pada saat membawakan lagu kebesaran. Hadir juga Pembina PDBI Denni Granada beserta jajarannya PDBI lainnya.

“Kita latihan untuk tampil di Upacara HUT RI ke-77 ini kurang dari satu Minggu,” ujar Chaerudin saat dimintai keterangan usai pelaksanaan upacara, Rabu (17/8/2022).

Ia mengatakan group korsik yang di tampilkan tersebut merupakan atlet Drum Band Kota Tangerang. Mereka pun baru tampil perdana, dalam kondisi latihan yang cukup singkat.

“Kita libatkan anak-anak atlet cabang drum band. Kebetulan pada tahun ini ada regenerasi dari korsik tersebut. Mereka tampil perdana untuk tampilan korsik walaupun memang masih banyak kekurangan,” katanya.

**Baca juga:HUT RI ke-77, DPRD Kota Tangerang Tegaskan Gotong Royong

Penampilan pun diturunkan dengan formasi lengkap. Sebab demikian, terdapat alat-alat musik yang dimainkan mulai dari trumpet, tuba dan lain sebagainya.

“Ful formasi. 32 orang anak, pelajar SMP, SMA se Kota Tangerang yang kita libatkan,” katanya.

Dikatakan, penampilan tersebut sebagai bentuk untuk melatih mental para atlet. Mereka pun berharap pemerintah kota Tangerang untuk dapat memperhatikan lebih jauh keberadaan korsik. Terlebih, korsik sendiri selalu hadir pada saat upacara hari-hari besar.

“Korsik itu masuk dibawah sekretariat daerah itu kan khusus untuk acara-acara resmi, itu perangkat upacara. Sementara kalau drum band, marchingbras itu masuk PDBI atau Cabor (cabang olahraga),” katanya.

Mereka pun pada saat penurunan bendera pusaka merah putih akan menampilkan marchingbras dengan melibatkan sekitar 60-70 orang yang tampil. (Oke)