oleh

Pemudik Harus Waspada Saat Melintasi Kota Serang

Kabar6-Lebaran jumlah pemudik menggunakan roda dua kian padat di jalan protokol dari Kota Serang menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

 

“Jumlah pemudik lebih ramai malam ini. Didominasi pengguna roda dua, dari arah Jakarta menuju Sumatra. Kebanyakan dominasi plat B, meski ada juga Plat A,” kata petugas Posko Hitung, Wan Ahmad, Selasa (14/07/2015) malam.

 

Data terakhir yang di dapat dari posko hitung Dishub Kabupaten Serang yang berada di Desa Toyomerto, terdapat sebanyak 18.364 kendaraan roda dua yang melintas hingga pukul 21.30 WIB.

 

Pantauan kabar6.com di jalan protokol dari Kota Serang menuju Pelabuhan Merak, terjadi dua titik kepadatan pemudik bermotor, yaitu di perempatan Serdang, Kabupaten Serang dan lampu merah Damkar di Kota Cilegon.

 

Ya, kepadatan terjadi karena pemudik harus ekstra hati-hati saat melintasi dua titik perempatan jalan itu, mengingat minimnya penerangan jalan serta adanya traffic light yang rusak.

 

Sementara di pintu Tol Merak di Desa Gerem, Kota Cilegon, jumlah kendaraan menuju Pelabuhan Merak hingga pukul 21.00 WIB terpantau sebanyak 7.864 kendaraan. Lebih banyak dibanding pada H-4 kemarin pada Senin (13/7/2015) yang cuma 7.191 kendaraan.

 

Pengelola jalan tol Tangerang Merak, PT. Marga Mandala Sakti (MMS), memprediksi malam ini kendaraan yang melintas berjumlah antara 14-15 ribu dan menjadi puncak arus mudik Idul Fitri 1436 H. ** Baca juga: Wakapolda Cek Lokasi Polres Tangsel

 

“Pengalaman tahun lalu, pada puncaknya H-3 sampai Jalan Cikuasa Atas (jadi kantung parkir). Kalau sampai penuh di Jalan Cikuasa Atas, maka kita buka tutup di jalan tol, biar kosong dulu Jalan Cikuasa Atas nya. Tapi dengan kemampuan ASDP yang mengangkut kendaraan dengan kapasitas kapal lebih besar, kecil kemungkinan akan seperti itu (macet di jalan tol),” kata Kepala Operasional Gerbang Tol Merak, Rakhmatullah.

 

Guna menghindari penumpukan di dalam jalan tol, dirinya akan mempercepat proses pembayaran di loket gerbang tol dan membuka empat loket keluar tol. (tmn/din)

Berita Terbaru