oleh

Pemudik Bersepeda Motor di Banten Meningkat 16 Persen

Kabar6-Jalur mudik lebaran tahun ini diperkirakan bakal sesak oleh pengendara sepeda motor. Terbukti, di Provinsi Banten saja diprediksi jumlah pemudik dengan sepeda motor meningkat hingga 16 persen, dibanding tahun sebelumnya.

Merujuk data, bila jumlah pemudik bersepeda motor pada tahun lalu hanya mencapai angka 13 ribu, maka untuk untuk tahun ini diperkirakan bakal meningkat pesat hingga menembus angka 16 ribu pemudik.

“Di Banten, jumlah pemudik bersepeda motor diprediksi bakal meningkat 16 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Husni Hasan ditemui usai acara peletakan batu pertama pembangunan warehouse area kargo line 1 di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (26/7/2012).

Menurut Husni, beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya pemudik bersepeda motor diantaranya adalah, karena kendaraan roda dua itu lebih efisien, irit serta bisa menjadi solusi untuk menghindar dari ancaman kemacetan yang biasa terjadi di jalur mudik lebaran.

“Untuk mengatasi peningkatan jumlah pemudik bersepeda motor ini, kami dari Dishub Provinsi Banten bekerjasama dengan Pelabuhan Merak sudah menyiapkan satu kapal khusus untuk mengangkut sepeda motor.” ujar Husni.

Selain itu, Dishub Provinsi Banten juga telah melakukan rapat koordinasi persiapan mudik dan arus balik dengan delapan wilayah Kota/Kabupaten serta kepolisian se Provinsi Banten.

Dari rapat tersebut, petugas Dishub akan ditempatkan di lokasi-lokasi rawan kemacetan dan kecelakaan seperti pasar tumpah, perlintasan rel kereta api yang tidak memiliki pintu penghalang serta pusat perbelanjaan.

“Kami juga sudah berkoordinasi agar perbaikan jalan umum maupun tol, agar bisa dikebut dan selesai sebelum datangnya masuk arus mudik,” katanya.

Terpisah, Sekretaris Dishub Kabupaten Tangerang, Yulianto menegaskan, pihaknya baru hari ini menggelar rapat membahas persiapan penanganan arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

Namun, terkait Pos Komando Taktis (Poskotis) diperkirakan tidak berubah seperti tahun lalu, yakni membangun 8 Poskotis itu dan Check Point di pintu gerbang Citra Raya, Cikupa.

Kedelapan Poskotis itu, lanjut Yulianto, Poskotis Pasar Gembong Jayanti, Poskotis Cibadak Tigaraksa, Poskotis Pasar Cikupa, Poskotis Simpang Tiga Bitunng, Poskotis Lippo Karawaci, Poskotis Stasiun Tigaraksa (Adyaksa), dan Poskotis Tanjung Pasir.

Kepala Seksi Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Tangsel, Taufik Wahidin menuturkan, selama mudik lebaran akan dikerahkan sebanyak 113 personil dan membangun delapan poskotis serta satu posko induk.(dre/*)

Berita Terbaru