oleh

Pemprov Banten Diminta Fokus Bina UMKM dan Koperasi

Kabar6-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten diminta lebih responsif dan fokus dalam memaksimalkan pembinaan serta bantuan permodalan didunia Usaha Kecil Menengah (UKM) & Koperasi, diwilayahnya.

Hal itu dimaksudkan agar tujuan pengembangan kemajuan pada sektor ekonomi kerakyatan melalui usaha-usaha kreatif ditingkat masyarakat menengah kebawah, dapat segera tercapai.

“Saat ini yang harus difokuskan pemerintah daerah adalah bagaimana upaya pembinaan UKM dan Koperasi berjalan baik. Konsen anggaran terhadap tujuan usaha kerakyatan. Anggaran yang dialokasikan kesetiap daerah, harus berdasarkan objek prioritas daerah itu,” ujar Asep Hidayat, Anggota Komisi II DPRD Banten, Kamis (23/7/2015).

Selain itu, politisi Partai Gerindra ini berharap agar sinergitas antara instansi terkait pada Pemprov Banten dengan pemerintah kota ataupun kabupaten, dapat terjalin lebih baik lagi.

Tujuannya, kata dia, tidak lain adalah untuk kemudahan dan kemajuan masyarakat pelaku UKM dan Koperasi yang ada diwilayah kerjanya.

“Masyarakat pelaku usaha kecil dan menengah serta koperasi, yang ingin mengajukan pembinaan managemen usaha ataupun tentang berkaitan bantuan, dalam hal ini biasanya berupa alat produksi kepada pemerintah kota dan kabupaten dan provinsi. Karena memang alokasi anggarannya sudah ada. Sebaliknya, kepada pemprov, kota dan kabupaten, harus responsif,” tegas Asep.

Sebab, pihaknya tak menamfik masih banyaknya pelaku UKM dan koperasi didaerah setempat, yang minim akan pengetahuan mengenai hal itu. **Baca juga: 43 Terpidana Mati di Banten Menunggu Eksekusi.

“Pelaku UKM dan Koperasi disini masih banyak yang tidak tahu dan mengerti mengenai mekanisme serta program-program yang tengah berlangsung. Kemudian satu lagi adalah, harapan dari kami agar Pemprov Banten, dapat memfungsikan sarana dan prasarana yang sudah dibangun, yakni sebuah Balai Pelatihan UKM dan Koperasi yang bertempat diwilayah Kabupaten Lebak,” tukas dia.

Sehinga, tambah Asep, bilamana fasilitas tersebut telah berfungsi dengan baik, maka akan tercipta dunia usaha yang menjadi harapan kita bersama.

“Harapannya adalah UKM dan Koperasi di Banten, dapat berkualitas, baik secara managemen maupun kualitas usahanya,” pungkasnya, seraya menyatakan bahwa pemaparan diatas juga telah disampaikannya kepada masyarakat di Dapilnya, dalam kegiatan Massa Reses Kesatu Tahun 2015-2016, beberapa hari lalu.(ges)

Berita Terbaru