Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Membludak

kabar6.com
Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang.(bam)

Kabar6-Pemohon kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Desa Perahu, Kecamatan Balaraja, meningkat drastis. Lantaran bersamaan dengan kelulusan anak sekolah dan perpanjangan kontrak karyawan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Jarnaji mengatakan biasanya dalam sehari hanya melayani sekitar 300 pemohon pembuatan kartu kuning. Namun, dua hari setelah lebaran dalam satu harinya sekitar 400 pemohon kartu kuning.

“Dalam enam hari terakhir ini, dalam satu hari pemohon kartu kuning mencapai 900 orang hingga memenuhi kantor pelayanan pembuatan kartu kuning,” ungkap Jarnaji kepada kabar6.com, Selasa (3/7/2018).

Jarnaji menegaskan, untuk mengantisipasi antrean panjang, pihaknya juga sudah melakukan penambahan loket pelayanan.

“Sebanyak tiga loket pelayanan kita tambah untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan pembuatan kartu kuning,” ucapnya.

Disnakertrans sendiri memperkirakan gelombang pembuatan kartu kuning akan terjadi hingga pekan depan. Menurut Jarnaji, persyaratan untuk mendapatkan kartu kuning dengan dilampirkan fotokopi ijazah terakhir, fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), dan pas foto. Petugas tidak memungut biaya dalam pembuatan kartu tersebut.

“Kami melayani pemohon dengan gratis tanpa pungutan apapun,” katanya.

Masih kata Jarnaji, sebagian besar pemohon kartu kerja berpendidikan rata-rata SLTA dan usia produktif. Dan pihaknya juga berharap kepada para pelamar memiliki keterampilan sehingga perusahaan dapat menerimanya.

“Kami minta pemohon kartu kuning itu setelah diterima perusahaan maka segera melaporkan kepada Disnaker untuk dilakukan pelaporan untuk pendataan,” tuturnya.**Baca Juga: 6 Ribu Pendaftar PPDB Online SMP di Tangsel Tersingkir.

Semetara itu, Yogi (24), seorang warga Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang mengaku membuat kartu kuning itu untuk syarat melamar pekerjaan di salahsatu perusahaan di Kabupaten Tangerang. Para pencari kerja tersebut datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Tangerang bahkan ada juga dari luar wilayah. (Bam)