oleh

Pemkot Tangsel Mulai Gulirkan Layanan Kesehatan Gratis

Kabar6-Terhitung mulai 1 September 2013 ini, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) mulai menerapkan program layanan kesehatan gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSU) setempat.

Ketentunya pasien tersebut hanya bagi warga yang mengantongi identitas resmi Kota Tangsel.

“Bukan berarti pelayanan kesehatan gratis itu ke arah kuratif,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Dadang dalam sambutannya di acara Peluncuran Pelayanan Kesehatan Gratis RSU Kota Tangsel di Jalan Padjajaran, Kecamatan Pamulang, Minggu (1/9/2013).

Menurut Dadang, justru kebijakan gratis ini untuk mengoptimalkan dan menitikberatkan pada pelayanan preventif. Hal ini diterapkan dalam disiplin sistem pelayanan rujukan.

Sehingga bila pelayanan gratis digulirkan tanpa ada layanan rujukan maka akan terjadi penumpukan pasien di RSU Kota Tangsel.

Oleh sebab itu, pengendalian jumlah pasien agar tidak membeludak dan pasien dapat terlayani dengan baik.

“Sehingga hanya 10 persen saja pasien yang dirujuk dari 25 puskesmas ke RSU. Dan ini ada fakta penghematan anggaran kurang lebih Rp 1 miliar,” jelas Dadang.

Data itu mengacu pada Juli 2013 dikeluarkan dana hingga Rp 8 miliar dan di Juli 2012 mencapai Rp 9 miliar. Dengan jumlah kunjungan pasien meningkat hingga 1000 orang. Ia mengklaim, optimalisasi pelayanan kesehatan di Puskemas mampu menghemat anggaran daerah.

Dadang memaparkan, persyaratan pembebasan retribusi pelayanan kesehatan antara lain yakni, setiap pasien wajib memiliki elektronik-KTP. Kartu Keluarga Kota Tangerang Selatan bagi warga yang belum berhak memiliki e-KTP.

Kemudian, membawa surat rujukan berdasarkan indikasi medis dari Puskesmas, kecuali dalam kondisi kegawatdaruratan. Serta syarat terakhir dapat mengikuti petunjuk teknis pelayanan kesehatan di Rumah Sakit yang telah ditetapkan.

“Pasien yang tetap akan dipungut retribusi adalah jenis pelayanan estetika (keindahan) gigi dan kulit. Sementara untuk warga luar Kota Tangsel kita akan menaikan tarif retribusinya,” papar Dadang menjawab pertanyaan kabar6.com saat jumpa pers.(yud)

Berita Terbaru