oleh

Pemkot Tangsel Belum Terima Surat Komersialisasi Bandara Pondok Cabe

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) belum memperoleh pemberitahuan secara resmi terkait rencana komersialisasi Lapangan Terbang Pondok Cabe di Kecamatan Pamulang.

Ya, PT Pertamina (Persero) lewat anak usahanya PT Pelita Air Service rencananya akan mengoperasikan sarana angkutan transportasi udara itu secara komersial.

Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Tangsel, Dadang Sofyan mengakui telah mendengar rencana pengoperasian Bandara Pondok Cabe. Namun, informasi yang diperoleh bukan dari pemerintah pusat, melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Memang informasi yang diperoleh dari media massa demikian,” kata Dadang saat dihubungi wartawan, Kamis (3/12/2015).

Menurutnya, pemberitahuan secara resmi tetap harus dilakukan oleh perusahaan plat merah tersebut. Sebab, lokasi kegiatan bisnis pelayanan jasa transportasi udara berada di wilayah Kota Tangsel.

Apalagi, terang Dadang, dalam program persiapan operasional Bandara Pondok Cabe ada kegiatan pengadaan sarana dan prasarana penunjang.

Pemkot Tangsel selaku empuya otoritas penuh terhadap bidang usaha tersebut, akan meminta legalitas kepemilikan rekomendasi perizinan.

“Setiap kegiatan pembangunan dan bisnis harus mengantongi surat resmi rekomendasi dari pemerintah daerah. Karena itu kewenangannya ada di pemerintah daerah,” terangnya.

 

Perlu diketahui, nantinya bandara tersebut akan melayani delapan rute penerbangan. Sedangkan untuk waktu pembukaan penerbangan perdana pada Maret 2016 mendatang.

Bandara seluas 170 hektare tersebut memiliki landasan pacu mencapai 2.200 meter, dengan kapasitas parkir mencapai 20 pesawat.(yud)

Berita Terbaru