oleh

Pemkot Tangerang Cek Ketersediaan Pangan Jelang Ramadan

Kabar6-Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang melakukan inspeksi dan monitoring kebutuhan bahan pangan menjelang Ramadan di Pasar Anyar Kota Tangerang. Dalam monitoring tersebut ditemukan sejumlah kenaikan harga bahan pokok.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Abduh Surahman mengatakan, harga bahan pangan tersebut terjadinya fluktuasi di pasar. Mereka juga menemukan adanya penurunan harga dan kenaikan harga di pasaran. Kenaikan itu seperti daging, telur, ayam dan sebagainya.

“Yang paling penting adalah rasa aman kepada masyarakat tentang pasokan. Apakah tersedia sampai hari raya atau tidak, itu yang kita lakukan hari ini,” ujar Abduh kepada wartawan, Jumat (9/4/2021).

Saat ini harga daging Rp130 ribu per kilogram yang sebelumnya Rp125 ribu per kilogram. Daging ayam mengalami kenaikan naik sedikit sebesar Rp5 ribu, dari harga sebelumnya Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu. Selain itu telur dari Rp23 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram.

“Seluruh produk-produk sebenernya kita pantau, tetapi yang naik daging telur dam ayam,” katanya.

Abduh menegaskan, sebelum melakukan monitoring pihaknya sudah mengumpulkan data terkait dengan pasokan bahan pangan dari pemasok. Pasokan bahan tersebut cukup memenuhi kebutuhan pasar.

“Ternyata sangat cukup karena kebetulan sedang panen raya untuk beras. Kalau daging sifatnya tetap ada, meskipun jumlahnya tidak bisa melonjak banyak. Kenapa, karena kalo banyak ngga ada yang beli juga bermasalah,” tandasnya.

**Baca juga: Kedua Kalinya, Dishub Kota Tangerang Raih Akreditasi A UPPKB Nasional

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin mengatakan, selain melakukan monitoring dan pemantauan, pihaknya juga melakukan pengecekan bahan makanan jangan sampai ada yang mengandung formalin.

“Hari ini bersama Bulog, dinas terkait dan Direktur PD Pasar melakukan monitoring dan pemantauan terkait ketersediaan bahan pokok sembako, termasuk harga,” ujar Sachrudin.(Oke)

Berita Terbaru