Pemkot Tangerang Akan Hadirkan Bus Wisata

kabar6.com
Walikota saat sidak terminal bus di Kota Tangerang.(ist)

Kabar6-Saat ini, semakin banyak kota-kota besar di Indonesia mulai melirik program City Tour menggunakan bus sebagai salah satu atraksi wisata yang ditawarkan.

Tak ketinggalan pula, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Budaya, Pariwisata dan Pertamanan yang berencana untuk membuat bus wisata yang menawarkan kesempatan menikmati berbagai sudut kota yang menarik dari atas bus yang terbuka.

Terlebih kota Tangerang memiliki berbagai spot wisata yang lumayan lengkap mulai dari taman kota, wisata sejarah dan juga wisata reliji serta wisata belanja.

Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah disela kunjungannya ke Terminal Poris berencana untuk memanfaatkan bus-bus Trans Tangerang yang sudah tidak beroperasi menjadi bus wisata.

“Jadi ini bus Trans Tangerang yang hampir dua tahun tidak digunakan, karena dulu rutenya Tangerang-Kali Deres dan berakhir di Taman Anggrek namun karena ada peraturan Gubernur DKI yang membatasi rutenya cuma sampai Kalideres, sehingga pengelolanya (DAMRI) berkebaratan untuk mengoperasikan,” papar Arief, Senin (02/07).

Untuk itu, Walikota berencana mengoptimalkan bus tersebut menjadi bus wisata dan ada kemungkinan juga sebagain kita jadikan bus sekolah.

Untuk rutenya, Walikota menjelaskan bahwa bus wisata nanti akan melayani rute dari Taman Potret-Taman Gajah-Kampung Bekelir-Masjid Agung-Jembatan Berendeng dan lanjut ke Masjid Raya Al-‘Azhom.

“Kemudian balik lagi ke Taman Potret,” jelasnya.

Walikota juga berharap bus wisata tersebut bisa segera dioperasikan dan bisa semakin menambah daya tarik wisata kota Tangerang.

“Kita tunggulah tanggal mainnya,” ucapnya.

Sebagai informasi tingkat kunjungan ke kota Tangerang dari tahun ke tahun menurut data dari Dinas Budaya, Pariwisata dan Pertamanan mengalami peningkatan 20 persen.**Baca juga: Temuan BPK 2017, Begini Kata ULP Tangsel.

“Hingga Mei 2018 sudah ada sebanyak 443.153 wisatawan yang berkunjung dan ini akan terus bertambah, sedang tahun 2017 total ada 1.088.747,” ujar Kabid Pariwisata, Rizal Ridholloh.(BL/hms)