oleh

Pemkot Tangerang Ajak Pemuda Tangkal Narkoba

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus menggalakkan penangkalan penyebaran narkotika di daerahnya. Setelah sebelumnya, melalui  rukun tangga (RT) dan rukun warga (RW), kali ini sosialisasi tuntas diberikan kepada pemuda di 13 kecamatan se-Kota Tangerang.

Melalui Bidang Kepemudaan pada Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tangerang, telah terbentuk sedikitnya 650 kader Pemuda Sadar Anti Narkoba (PESAN), yang nantinya akan menjadi barisan pertama menangkal peredaran narkoba di wilayah kecamatan.

“Hari ini (kemarin) pembentukan kader sekaligus sosialisasi anti narkoba untuk 2 kecamatan terakhir, yakni Tangerang dan Neglasari. Artinya, sejauh ini sudah ada 650 kader yang siap membantu pemerintah, kepolisian dan BNN (Badan Narkotika Nasional) untuk menangkal narkoba,” kata Wawan Fauzi, Kabid Kepemudaan, Kamis (27/9/2012).

Dalam sosialisasi yang dihadiri unsur BNN, Kejaksaan, Kepolisian, dan Pemerintahan tersebut, tiap kader dibekali bagaimana merangkum pengamatan mereka atasperedaran narkoba di lingkungannya.

Dimana, nantinya mereka bisa berkoordinasi dengan pihak RT dan RW, hingga kepolisian untuk melaksanakan tugasnya.

“Nantinya, tiap kader akan diminta untuk membentuk juga kader di tingkat kelurahan,” simpulnya.

Kedepannya juga kader PASAN ini akan menjadi mitra pemerintah guna membantu kegiatan-kegiatan pemerintah dan instansi terkait untuk sosialisasi bahaya narkoba di tingkat kelurahan, hingga RT dan RW.

“Mudah-mudahan keberadaan mereka ini bisa memberi peran berarti di masyarakat,” singkat Wawan.

Sehari sebelumnya, Pemkot Tangerang melalui Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) setempat mulai mengaktifkan lagi peran serta Rukun Tangga (RT) dan Rukun Warga (RW). Salah satunya, dalam menangkal peredaran narkoba di lingkungannya.

“Peran RT dan RW sangat penting dalam menjalankan roda organisasi pemerintahan dari bawah ke atas. Informasi yang didapatkan RT maupun RW kebanyakan lebih akurat dibanding yang lain. Khususnya dalam menangkal peredaran narkoba dan menjaga kondusifitas warga,” kata Habibullah, Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kota Tangerang.
(Iqmar)

Berita Terbaru