oleh

Pemkot Cilegon Minta Bantuan Keuangan ke Provinsi Banten

Rencana pembangunan JLU di Cilegon.(bbs)

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon meminta tambahan bantuan keuangan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Tambahan bantuan itu untuk merealisasikan sejumlah program pembangunan, khususnya infrastruktur di sejumlah wilayah Kota Cilegon.

Diketahui, dari sebesar Rp25,8 miliar bantuan tahun 2016 yang dialokasikan Pemprov Banten untuk Kota Cilegon, sedianya masih dibutuhkan tambahan untuk program pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU) yang akan dimulai tahun 2017.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Dana Perimbangan (P2DP) pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Kota Cilegon, Akil Ukasah mengatakan, Pemkot Cilegon merencanakan sejumlah agenda pembangunan yang membutuhkan anggaran besar.

Sedianya, agenda pembangunan tersebut tidak mampu bila hanya dibebankan pada Pemkot Cilegon. Diantaranya pembangunan JLU yang pembebasan lahannya ditargetkan sudah harus dilakukan pada 2017.

“Pembangunan JLU menjadi kebutuhan Kota Cilegon, karena kondisi jalan protokol yang sudah sangat semrawut. Kondisi ini tentu akan menghambat banyak sektor dan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat Kota Cilegon maupun luar Cilegon,” ungkap Akil Rabu (31/8/2016).

Untuk itu, lanjut Akil, dibutuhkan peran serta Pemprov Banten untuk memberi dukungan anggaran agar pembangunan JLU tersebut bisa terealisasi sesuai target.
Akil juga berharap adanya dukungan anggaran pada program pembangunan lain untuk Kota Cilegon seperti pembangunan Pelabuhan Warnasari dan optimalisasi Jalan Lingkar Selatan (JLS). **Baca juga: September, Tender Proyek ABT di Kabupaten Tangerang.

“Sebenarnya kita sudah membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan mencantumkan bantuan keuangan dari Provinsi Banten sebesar Rp25 miliar. Tapi, kami sangat berharap nilai bantuan itu bertambah dan dapat disesuaikan dengan kondisi di Kota Cilegon,” papar Akil.(sus)

Berita Terbaru