Pemkab Tangerang Wacanakan Pembangunan Rusunawa Dekat Dadap

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.(yud)

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mewacanakan akan membangun Rrusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) diwilayahnya.

Hal itu dikatakan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, selasa (15/3/2016). “Rencana pembangunan rusunawa itu akan dibahas lebih detail usai penertiban lokalisasi Dadap di Kecamatan Kosambi,” ujarnya.

Bupati memperkirakan, Rusunawa akan dibangun tak jauh dari Dadap. “Saat ini kita pun masih menunggu Detail Engineering Design (DED) nya,” ujar Bupati. 

Sementara, terkait penertiban lokalisasi Dadap, Bupati menyebut sudah bekerjasama dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

“Nantinya Kemensos akan membantu dalam proses pemulangan dan penampungan para PSK Dadap. Karena, selain masalah masyarakat Dadap, penangan PSK sendiri harus diprioritaskan. Karena tujuan utama kita memberantas bisnis prostitusi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubdit Tuna Susila dan Orang dengan HIV AIDS pada Kemensos, Dewi Rani mengatakan, dalam proses pemulangan serta penampungan sendiri, pihak Kemensos tidak membebankan biaya pada para PSK. **Baca juga: Penjambret Tas Wanita di WTC Serpong Akhirnya Tewas.

“Kita masih melakukan pendataan untuk para PSK seperti mana yang ingin dipulangkan dan yang sementara waktu ditampung di Panti Sosial serta mendapatkan pembinaan. Untuk biaya semua digratiskan. Karena ada dana hibah dari Kemensos,” ujarnya. **Baca juga: Yamaha R15 Hantam Vario di Bintaro, Satu Tewas Dua Luka.

Dari hasil pendataan yang dilakukan, diketahui ada sebanyak 472 wanita PSK yang bermukim di lokalisasi Dadap. Sebanyak 300 orang diantaranya freelence, 60 mucikari dan 72 cafe. (shy)