oleh

Pemkab Lebak Komitmen Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif

Kabar6-Visi Kabupaten Lebak 2019-2024 adalah menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan Nasional berbasis potensi lokal.

“Dengan visi itu maka sudah tentu peran ekonomi kreatif menjadi sangat penting,” kata Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri sekaligus membuka Diskusi Kelompok Terpumpun Pentahelix Pemetaan Potensi dan Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Lebak yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI, di Horison Altama Pandeglang, Jum’at (22/2/2019).

Iti menyampaikan, Pemkab Lebak berkomitmen dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Hal itu kata dia, tertuang dalam Rencana Pembangungan Jangka Menengah (RPJMD) 2019-2024. Bidang ekonomi kreatif menjadi salah satu prioritas pembangunan.

“Peran ekonomi kreatif juga Iti juga sangat besar, salah satunya mampu memangkas kesenjangan ekonomi̇ masyarakat dan memberikan kesejahteraan secara umum,” ujarnya.

Maka ujar dia, dibutuhkan pemetaan potensi dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif dan perlu segera dilakukan untuk mendapatkan informasi sub sistem ekonomi kreatif mana saja yang akan menjadi prioritas fokus pengembangan ke depan.

“Kami harap Bekraf memberikan pendampi̇ngan kepada Kabupaten Lebak,” katanya.

Sasaran utama Bekraf yakni berkontribusi terhadap peningkatan PDB, jumlah tenaga kerja dan nilai ekspor barang dan jasa.**Baca juga: Pengobatan Gratis HSPB, Puluhan Lansia di Pondok Aren Dapatkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis.

“Visinya membangun Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dalam ekonomi kreatif pada tahun 2030 nanti. Seperti halnya film Laskar Pelangi, film Ambu yang berlatar perkampungan Baduy juga harus mampu jadi magnet atau etalase pariwisata di Kabupaten Lebak,” tutur Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Bekraf RI, Endah Wahyu Sulistianti.(Nda)

Berita Terbaru