oleh

Pemkab Lebak Benahi Drainase Atasi Banjir di Perkotaan

Kabar6-Banjir akibat hujan yang turun dengan intensitas lebat kerap kali merendam wilayah perkotaan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Tidak hanya jalan, banjir juga merendam permukiman warga, bahkan di wilayah yang sebelumnya bukan termasuk dalam wilayah langganan banjir.

Buruknya sistem drainase di perkotaan Rangkasbitung dituding menjadi salah satu penyebab banjir dengan cepat terjadi.

Kepada Kabar6.com, Sekretaris Dinas PUPR Lebak Irvan Suyatupika mengatakan, penanganan drainase untuk mengatasi banjir di Rangkasbitung kini sedang ditangani.

“Ada sekitar 6 titik di wilayah Rangkasbitung yang dilakukan pengerjaan penanganan drainase untuk mencegah dan mengurangi lama genangan. Titik-titiknya di sekitar Kodim, BRI, depan Dinkop lalu Ranca Lentah,” kata Irvan, Rabu (17/11/2021).

**Baca juga: Pelaku UMKM di Lebak Kecewa Rombongan Jokowi Tak Sempatkan Mampir ke Plaza Lebak

Irvan mengatakan, petugas di lapangan mengangkat sedimentasi yang mengendap di dalam saluran drainase yang menjadi penyebab terjadinya pendangkalan atau pengurangan kapasitas saluran air.

“Kami menyusuri dari BRI ke Kongsen, termasuk mengangkat sedimen di Barangbang sampai Cijoro. Di depan Kodim kami lebarkan salurannya, perbaikan crossing di badan jalan,” terang Irvan.(Nda)

Berita Terbaru