oleh

Pemicu Angin Kencang dan Hujan Es di Tangsel Versi BMKG

Kabar6-Sejumlah wilayah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diterjang angin kencang, kemarin. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahkan juga terjadi fenomena hujan es.

Hujan es dan angin kencang yang terjadi di Kecamatan Ciputat dan Ciputat Timur, kemarin menyebabkan banyaknya pohon tumbang yang berimbas pada kerusakan berbagai fasilitas umum dan pemukiman warga.

“Kondisi cuaca ekstrem tersebut dipicu oleh anomali positif suhu muka laut di perairan Banten,” kata Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Wilayah II Ciputat, Sutiyono saat dikonfirmasi kabar6.com, Selasa (20/9/2022).

Ia menambahkan, dan masih aktifnya fenomena Dipole mode, juga didukung oleh kelembapan udara yang cukup basah. Sehingga meningkatkan suplai uap air yang mendukung
pertumbuhan awan-awan konvektif di wilayah Banten.

Prospek kedepan erdasarkan parameter-parameter indeks dari pemodelan cuaca yang digunakan BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, masih perlu diwaspadai akan adanya potensi cuaca ekstrem.

**Baca juga: Kenang Azyumardi Azra, Anies Baswedan: Sederhana tapi Memiliki Pemikiran yang Banyak

“Pada siang hingga sore hari selama periode peralihan musim di wilayah provinsi Banten,” terang Sutiyono.

Diketahui, sebanyak 401 bangunan di Kelurahan Ciputat, serta dua rumah di Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur rusak akibat diterjang angin kencang. Empat orang di antaranya terluka akibat tertimpa pohon tumbang.(yud)

Print Friendly, PDF & Email