oleh

Pemerintah Izinkan Mudik Lebaran, Perusahaan Bus di Lebak: Ini Kabar Gembira

Kabar6-Perusahaan otobus (PO) di Kabupaten Lebak menyambut baik kelonggaran yang diberikan pemerintah yang tidak melarang masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran meski masih dalam kondisi pandemi.

Namun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merancang sejumlah kebijakan terkait penyelenggaraan angkutan Lebaran 2021.

“Kami berbangga hati mengenai putusan pemerintah yang mengizinkan mudik Lebaran tahun ini. Ini adalah kabar gembira buat kami sebagai PO bus,” kata Manajemen PO Rudi, Pipit Chandra saat berbincang dengan Kabar6.com, Selasa (16/3/2021).

Maklum saja, Pipit mengaku, selama pandemi melanda Indonesia, transportasi umum bus baik AKAP maupun AKDP sangat terdampak karena kebijakan pemerintah dengan pembatasan-pembatasan yang dilakukan. Karena, meski armada tak beroperasi, perusahaan harus tetap mengeluarkan biaya operasional dan pemeliharaan.

“Semoga dengan diizinkannya mudik pada tahun ini jadi momentum agar angkutan usaha bisa kembali bergeliat walaupun kita menyadari bahwa pandemi belum selesai,” ujar Pipit.

Dia memastikan, perusahaan akan sejalan dengan pemerintah saat dimulainya angkutan Lebaran untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Kalau itu pastinya ya, kami akan patuh dan menerapkan anjuran pemerintah terkait prokes karena ini menjadi bagian penting sebagai upaya kita bersama mencegah penularan Covid-19,” terang Pipit.

**Baca juga: Jabatan Kasat Intelkam Polres Lebak Diserahterimakan kepada Iptu Pipih Iwan Hermansyah

Kemudian Pipit memperkirakan, jumlah armada yang akan diturunkan untuk angkutan Lebaran ditambah 30 persen dari jumlah armada pada masa pandemi. Jumlah itu untuk melayani 7 rute AKAP dan AKDP.

“Dari 25 unit mungkin ditambah menjadi 35-40 unit dengan rute Bayah-Cimone, Bayah-Kalideres, Rangkas-Kalideres, Rangkas-Bandung, Rangkas-Bogor, Cisimeut-Kalideres. Semoga keputusan ini tidak berubah dan semoga penumpang ramai, karena kalau mengandalkan sehari-hari masih jauh dari maksimal,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru