oleh

Pembukuan Pabrik Paku Bodong Tidak Jelas

Kabar6-Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tigaraksa, sudah menurunkan sejumlah tim Account Representatif (AR) ke PT Prima Metal Work (PMW), pabrik paku bodong yang berlokasi di Kelurahan Bunder, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Alhasil, tim KPP menemukan banyak kejanggalan di pabrik milik pengusaha asing asal Tiongkok tersebut.

Kuat dugaan, anak perusahaan dari PT Lautan Steel Indonesia yang beroperasi sejak 2011 silam, sengaja memanipulasi serta menggelapkan data pajak.

“Tim kami sudah turun ke lokasi pabrik dan bertemu langsung dengan pemiliknya. Pabrik ini ditemukan tidak memiliki pembukuan yang jelas,” ungkap Kepala Ekstensifikasi KPP Pratama Tigaraksa, Arief Hartono, kepada Kabar6.com, Jum’at (4/4/2014).

Menurutnya, dari hasil penelusuran dan pengamatan KPP Pratama Tigaraksa, pabrik yang mempekerjakan sekitar 250 buruh ini diketahui dimiliki oleh dua orang yang berbeda.

Pemilik awal PT PMW, saat ini sudah tidak berada di Indonesia, sehingga pembukuan perusahaan tak diketahui keberadaannya.

“Jadi, pemilik PT PMW yang sekarang kebingungan, karena mereka tidak tahu dimana pembukuan perusahaan itu berada,” katanya.

Sedangkan, kata dia, pemilik sekarang mengontrak gedung bekas pabrik kayu dan baru menjalankan usahanya sekitar setengah tahun lalu.

“Itu informasi yang kami dapatkan. Namun, kami tak langsung percaya dengan informasi itu. Kami, akan tetap menelusurinya hingga tuntas,” tegas Arief.

Ditambahkannya, informasi yang diperolehnya dari PT PMW ini, akan dia laporkan ke Kantor Wilayah (Kanwil) Pajak Provinsi Banten. Setelah itu, para penyidik pajak akan menindaklanjutinya sampai menemukan titik terang. **Baca juga: Sempat Padam, Mesin Torabika Terbakar Lagi.

“Untuk masalah ini, akan ditangani oleh penyidik pajak. Tugas kami, hanya mengumpulkan informasi,” imbuhnya.(agm/din)

Berita Terbaru