oleh

Pemberlakuan e-Tiket, Pengguna Jasa Pelabuhan Merak Menurun

Kabar6-Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (Gapasdap), mengeluhkan penurunan jumlah pengguna jasa penyeberangan lintas Merak-Bakauheni, pascapemberlakuan tiket elektronik (e-tiket) di Pelabuhan Merak.

 

Para pengguna jasa terutama kendaraan ekspedisi, lebih memilih menyeberang ke Pulau Sumatera dari Pelabuhan Bojonegara yang masih menggunakan tiket manual.

 

“Pada dasarnya kita mendukung pelaksanaan tiket elektronik. Hanya saja kami meminta pihak ASDP terus memperbaiki keberadaan sistem layanan tersebut, karena ini berimbas kepada kami. Sejak ada tiket elektronik kami akui ada penurunan,” ujar Ketua DPP Gapasdap, Luthfi Syarief, beberapa waktu lalu.

 

Karena itu pihaknya mendesak Kementrian Perhubungan segera menertibkan jalur lintas penyebrangan Bojonegara-Bakauheuni.

 

Menurutnya hal ini harus dilakukan guna mewaspadai adanya resiko terhadap keselamatan aktivitas muatan angkutan barang yang selama ini hanya dibuka di pelabuhan umum, yakni Pelabuhan Merak banten. ** Baca juga: Dewan Tuding Pilkada Penyebab Tertundanya Pengesahan APBD 2016

 

”Secara standar keselamatan dan pelayanan itu sudah ada di Pelabuhan merak, jadi kami meminta Kemenhub tegas dan memperjelas status Pelabuhan Bojonegara itu, apakah khusus atau umum,” ujarnya.(sus)

Berita Terbaru