oleh

Pembelot Korut Calonkan Diri Jadi Anggota Dewan di Inggris Agar Tercatat dalam Sejarah Politik

Kabar6-Seorang pembelot atau pengkhianat Korea Utara (Korut) bernama Jihyun Park, mencalonkan diri sebagai anggota dewan di Bury, bekas kota industri, Inggris utara.

Bukan tanpa alasan, melansir Foxnews, Park melakukan hal itu dengan harapan dapat membuat sejarah politik di Inggris. Park diketahui berhasil selamat dalam dua pelarian dramatis dari Korut. Enam belas tahun setelah dibiarkan mati di luar kamp penjara Korut, Park berharap bisa membuat sejarah di Negeri Ratu Elizabeth itu.

“Ketika saya datang ke Inggris, banyak orang membantu, mereka menyambut saya, mereka mengajari saya bahasa Inggris,” kata Park. “Saya ingin membayar kembali hadiah ini.”

Park mencalonkan diri menjadi anggota dewan di Bury, tempat dia dimukimkan kembali sebagai pengungsi pada 2008. Jika terpilih, wanita itu yakin akan menjadi pembelot Korut pertama yang memegang jabatan politik di Barat.

Park mengungkapkan, “Di Inggris, kami adalah kebangsaan yang sama sekali berbeda, budaya yang berbeda, bahasa yang berbeda, tetapi mereka menerima kami. Saya ingin membayar kembali hadiah ini di Inggris. Jadi itulah mengapa saya mencalonkan diri dalam pemilihan ini.”

Dalam jalur kampanye di Bury, di mana dia adalah kandidat untuk partai Konservatif Perdana Menteri Boris Johnson, Park mengatakan pemilih jarang berusaha untuk berbicara tentang negara kelahirannya, dan menunjukkan sedikit minat dalam ketegangan diplomatik global atas senjata nuklir Korut.

Sebaliknya, mereka ingin tahu apa yang dia rencanakan untuk meningkatkan layanan pembuangan sampah. “Orang-orang mengobrol dengan kami tentang masalah pengumpulan sampah, jalanan kotor, dan juga keselamatan jalan raya. Semuanya,” ujar Park. ** Baca juga: Pria di Texas Bunuh Anaknya Karena Merasa Terganggu Saat Tengah Asyik Main Game

Ditambahkan, “Dan saya menuliskannya, dalam catatan saya. Saya sudah mewujudkan impian saya di sini, keluarga bahagia, hidup bahagia. Dan akhirnya saya menemukan kebebasan saya di sini. Sekarang saya ingin mewujudkan impian orang lain.” (ilj/bbs)