oleh

Pembebasan Lahan Fly Over Gaplek Capai 70 Persen

Kabar6-Meski sempat terseok-seok, namun proses pembebasan lahan pembangunan fly over Gaplek, di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) , terus berjalan.

Hingga kini, proses pembebasan lahan tersebut sudah mencapai tahap 70 persen. Itu artinya, sebentar lagi proses pembebasan lahan akan rampung, dan proses pembangunan fly over bisa segera dimulai.

Diketahui, ruas jalan di bawah kewenangan Pemerintah Pusat ini, sedianya telah lama menjadi titik kemacetan di wilayah yang dipimpin Airin Rachmi Diany.

Bahkan, pemerintah pusat sudah mewacanakan pembangunan fly over yang melintasi jalan penghubung Kota Tangsel, DKI Jakarta dan Bogor ini, sejak dua tahun silam.

Sayangnya, pembebasan lahan yang dilakukan Bagian Pertanahan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel mengalami kendala di lapangan. Sejumlah warga yang terkena gusuran, sempat menolak dipindahkan dari lokasi tersebut.

“Saat ini pembebasan lahan sudah mencapai 70 persen. Untuk sisa 30 persennya masih dalam proses pembebasan oleh Bagian Pertanahan,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel, Retno Prawati dalam keterangan pers di Serpong, Senin (28/4/2014).

Retno menambahkan, hampir 2.000 meter persegi lahan yang dibebaskan di lokasi tersebut. Dari 2000 meter persegi lahan yang dibebaskan itu, sudah sekitar 1500 meter persegi yang dibebaskan.

“Pembangunan akan dilakukan setelah seluruh lahan selesai dibebaskan. Kami hanya sebatas melakukan koordinasi dengan Dirjen (Direktorat Jenderal) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum,” kata mantan Sekretaris Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Provinsi Banten ini.

Nantinya, Retno mengaku Dirjen Bina Marga bakal membangun fly over Gaplek sepanjang 1 Kilometer, dengan lebar 28 meter atau empat lajur. “Fly over Gaplek merupakan solusi mengatasi macet di jalur itu,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah IV Dirjen Bina Marga Kementerian PU Bambang Hartadi mengatakan pihaknya meminta pemerintah daerah merampungkan pembebasan lahan. Pasalnya, rencana pembangunan flyover Gaplek ini sudah dianggarkan. **Baca juga: Warga Nolak, Kemen PU Ngotot Bangun Fly Over Gaplek.

“Sudah dua tahun rencana membangun fly over ini mandek karena masih terkendala pembebasan lahan. Karena itu kita sangat memohon agar Pemerintah Kota Tangsel segera membebaskan lahan,” tuntasnya.(yud)

Berita Terbaru