oleh

Pembahasan ABT 2013 Dijanjikan Rampung Akhir Agustus

Kabar6-Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berjanji jika proses penggodokan Anggaran Belanja Tambahan (ABT) 2013 dalam waktu dekat sudah rampung.

Sehingga beragam program kegiatan yang sudah dirancang dan dibiayai lewat APBD-Perubahan bisa segera digulirkan kembali.

Demikian disampaikan Kepala Bappeda Kota Tangsel, Teddy Meiyadi, usai acara halal bihalal di lapangan Cilenggang, Kecamatan Serpong, Senin (12/8/2013).

“Akhir Agustus pembahasannya sudah bisa selesai,” janjinya saat mendampingi Walikota Airin Rachmi Diany.

Teddy mengklaim, angka kenaikan APBD-Perubahan 2013 ini jumlahnya cukup signifikan. Menurutnya, perlu diketahui oleh publik bahwa APBD 2013 milik Kota Tangsel nantinya akan berjumlah Rp 2,2 Triliun.

Padahal sebelumnya kas daerah milik Kota Tangsel di 2013 hanya berada di kisaran angka Rp 1,7 Trilyun lebih.

Kunci penentu penyebab kenaikan, jelas Teddy, bisa ditilik dari terus menggeliat serta bergairahnya berbagai sektor industri perdagangan dan jasa.

Sektor itu telah mampu mendulang perolehan bea pengenaan pajak pendapatan daerah. Makanya kedua ladang pendapatan daerah dari bisnis  jadi unggulan pemerintah daerah.

“Angka kenaikan APBD-Perubahan 2013 ini sampai Rp 360 Miliar,” jelas Teddy.

Sebelumnya ditempat sama, Airin menekankan kepada seluruh pimpinan di  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selaku pengguna anggaran yang mendapatkan tambahan agar  perencanaan program kegiatan benar-benar dilakukan secara baik dan matang.

“Jangan sampai program dan kegiatan baru yang dianggarkan di perubahan akhirnya tidak bisa dilaksanakan karena alasan waktu yang tidak cukup. Atau pun sumber daya yang kurang. Matangkan sisi perencanaan, pertimbangkan segala sisi yang akan mempengaruhi pelaksanaan program dan kegiatan,” harap Airin.

Diingatkan kembali oleh Airin, bahwa kini sudah memasuki pertengahan Agustus. Artinya, waktu untuk melaksanakan seluruh program kegiatan hanya tersisa kurang dari empat bulan.

“Saya menginginkan sisa waktu ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan efektif dan efisien,” pesannya.(yud)

Berita Terbaru