oleh

Pemakaian Shower Puff Saat Mandi Tidak Disarankan

Kabar6-Sebagian orang terbiasa menggunakan shower puff saat mandi. Umumnya, shower puff digunakan bersama sabun cair untuk menggosok tubuh hingga benar-benar bersih. Shower puff adalah bola jaring-jaring yang berfungsi mengangkat sel kulit mati saat mandi.

Faktanya, melansir readersdigest, sebagian besar dokter kulit tidak merekomendasikan untuk menggunakan shower puff dan tidak pernah menggunakannya di wajah mereka. “Anda harus menghindari menggosok wajah dengan loofah atau waslap karena tindakan ini akan mengiritasi dan akan merusak kulit,” kata Benjamin Garden, MD, seorang dokter kulit yang membuka praktik di Chicago. “Dengan lembut gunakan jari-jari Anda untuk menggosok muka dan membasuh,” tambahnya.

Disebutkan, membersihkan badan secara berlebihan dapat mengurangi minyak alami pada kulit. Padahal, fungsi minyak yang terdapat pada kulit ini adalah untuk melindungi kulit.

Seorang ahli dermatologi bersertifikat, Joel Schlessinger, MD, mengatakan bahwa ia tidak akan menyarankan pasiennya menggunakan shower puff. “Shower puff akan bersentuhan dengan banyak area tubuh yang tidak bersih dan kemudian dibiarkan saja. Itu akan membuat bakteri berkembang biak di celah dan celah shower puff,” jelasnya.

Ditambahkan, “Bakteri itu berkembang biak di ruangan yang lembap, terutama di lingkungan kamar mandi yang hangat dan lembab.”

Hal ini akan menimbulkan infeksi serius, terutama pada pasien dengan sistem kekebalan yang lemah. Namun ada beberapa kasus di mana diperbolehkan untuk menggunakan shower puff saat mandi.

Penggunaan shower puff terkadang direkomendasikan untuk pasien dengan kondisi kulit yang mengarah pada penumpukan sel, seperti psoriasis. Selain itu untuk tindakan pencegahan, disarankan agar tidak menggosokan shower puff secara berlebihan pada kulit. ** Baca juga: Agar Maksimal, Ada 6 Waktu yang Dianjurkan untuk Minum Air Putih

Supaya tetap menjaga kebersihan shower puff, Anda dapat merendamnya dalam cuka atau pemutih yang diencerkan untuk meminimalkan pertumbuhan mikroorganisme yang ada dalam shower puff.(ilj/bbs)

Berita Terbaru