Peluk Pasangan & Resapi Manfaatnya

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mungkin Anda sering melihat sepasang suami istri sedang berpelukan dengan penuh cinta, dan raut wajah yang memancarkan kebahagiaan. Dikutip dari lifestyle.analisadaily.com, ada alasan biologis mengapa kita menanggapi dengan baik pelukan dari pasangan tercinta.

Madeleine Castellanos, M.D., terapis seks, dan penulis Wanting to Want: What Kills Your Sex Life and How to Keep It Alive mengatakan, ada banyak manfaat pelukan dari pasangan.

“Dari saat kita dilahirkan, kita bergantung pada rasa yang kita sentuh untuk berkembang dan merasa dekat dengan orang lain. Bayi tidak bisa hidup tanpa sentuhan, dan sebagai orang dewasa, pelukan menjadi salah satunya,” kata Castellanos.

Nah, ini dia manfaat pelukan dari pasangan, dilansir dari Fox News:

1. Merasa tenang
Pernah mendengar hormon oksitosin, yang membantu mengurangi kecemasan dan membuat rasa relaksasi? Hormon ini dilepaskan selama berpelukan.

“Ini salah satu cara alami ibu menenangkan anak-anak mereka dan cara yang baik untuk pasangan saling menenangkan untuk,” kata Castellanos.

2. Merasa dekat
Tingkat oksitosin naik saat Anda berada di pelukan pasangan. Anda secara otomatis merasa lebih dekat kepadanya pada saat itu.

“Tapi perasaan kedekatan berlangsung karena oksitosin. Ini mempromosikan kepercayaan antara Anda berdua dan memupuk hubungan. Berpelukan meningkatkan rasa keamanan dengan pasangan, sehingga membuat keduanya lebih emosional dan intim,” tambah Castellanos.

3. Lebih terbuka
Saat berpelukan, setiap pasangan akan lebih terbuka untuk membicarakan apa saja. Menyajikan kesempatan untuk berbicara berbagai hal pada tingkat emosional yang lebih dalam. ** Baca juga: Kurangi Pemakaian Tusuk Gigi

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Berpelukan hampir sama baiknya dengan mengonsumsi vitamin harian atau berolahraga. Berpelukan membantu Anda rileks, menurunkan kadar hormon stres, kortisol, yang mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh.

Berpelukan juga memerangi efek stres, yang membantu berfungsinya sistem kekebalan tubuh, menjaga kehangatan tubuh untuk membantu mencegah flu. Disarankan agar Anda dan pasangan berpelukan pada pagi dan malam hari menjelang tidur, meskipun beberapa menit saja.

Jangan lupa memeluk pasangan Anda hari ini ya.(ilj/bbs)