oleh

Pelihara Hewan di Rumah Menyehatkan?

Kabar6-Selain lucu dan menyenangkan, memelihara hewan ternyata dapat menangkal depresi, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ya, menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan dapat memperbaiki mood, dan juga berpengaruh baik bagi kesehatan.

Apa saja keuntungan yang didapat apabila Anda memiliki hewan peliharaan? Melansir Webmd, berikut uraiannya:

1. Jantung lebih sehat
Berdasarkan penelitian, meskipun Anda telah memiliki penyakit jantung, memelihara anjing tetap dapat memberikan pengaruh yang baik bagi jantung dan kesehatan secara keseluruhan.

2. Pereda stres
Bermain bersama hewan peliharaan atau sekadar mengelus-elus mereka, dapat membuat Anda merasa lebih baik. Dengan melakukan ini, tekanan darah dapat menurun, membuat tubuh mengeluarkan hormon relaksasi, dan juga menurunkan kadar hormon stres.

3. Perbaiki mood
Orang yang memiliki hewan peliharaan biasanya merasa lebih bahagia, lebih mudah mempercayai orang lain, dan tidak merasa terlalu kesepian, serta lebih jarang sakit. Hal ini mungkin disebabkan oleh adanya perasaan bahwa Anda diperlukan dan selalu ada yang menunggu dan menyambut dengan senang saat pulang ke rumah.

4. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh
Beberapa penelitian menemukan, bayi yang terlahir dalam keluarga yang memelihara hewan peliharaan, memiliki risiko yang lebih rendah terhadap asma dan berbagai jenis alergi. Efek ini hanya terjadi bila paparan terjadi saat bayi berusia di bawah enam bulan.

Sebuah penelitian lainnya menunjukkan, bayi yang terlahir dalam keluarga yang memiliki anjing atau kucing lebih jarang mengalami demam dan infeksi telinga selama satu tahun pertama kehidupannya dibanding bayi yang terlahir dalam keluarga yang tidak memiliki hewan peliharaan. ** Baca juga: Usir Depresi dengan 8 Makanan Sehat

Berminat memelihara salah satu jenis hewan di rumah? (ilj/bbs)

Berita Terbaru