oleh

Pelabuhan Merak Tambah Tiga Dermaga

Kabar6-PT.ASDP berencana akan menambah tiga dermaga baru. Pembangunan sendiri akan dimulai usai arus balik 2015. Dengan adanya penambahan dermaga baru diharapkan semakin memperlancar arus mudik dan arus balik di tahun mendatang.

 

“Kita ada rencana untuk menambah dermaga. Yang jelas nanti dermaga enam akan kita bangun tahun ini. Kemudian dermaga tujuh dan delapan, nanti prosesnya dimulai tahun ini. Kalau nanti selesai tahun depan, minimal kita bisa menambah dua dermaga lagi,” kata Dirut PT. ASDP, Danang S Baskoro, Senin (20/07/2015).

 

Menurutnya, penambahan dermaga tersebut secara otomatis akan mengubah pola antrean kendaraan dan penumpang kapal yang akan menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

 

“Jadi tahun depan, pola operasinya akan berubah lagi. Jadi untuk mudik lebaran juga mungkin akan lebih nyaman lagi,” terangnya. ** Baca juga: Rano Lantik Pjs Walikota Cilegon

 

Dirinya berharap dalam satu dermaga baru bisa menampung 600 kendaraan bermotor. Sehingga jika ditambah tiga dermaga, maka akan mampu menampung 1.800 kendaraan roda empat.

 

“Dermaga baru bisa menampung, satu dermaga itu bisa menampung enam kapal. Jadi dalam satu jam, bisa menampung 600 kendaraan. Untuk kapal kecil rotasinya (bongkar muat) rata-rata 45 menit untuk dermaga 1 dan 2. Dermaga 3, 4, dan 5 kapal besar itu (bongkar muatnya) satu jam. Karena kapasitasnya lebih besar,” tegasnya.

 

Berdasarkan data terakhir yang dikeluarkan oleh PT. ASDP Cabang Merak, pada arus balik H+2 Idul Fitri ini. Sebanyak 20.675 pejalan kaki dan 3.841 kendaraan roda empat dan roda dua telah disebrangkan dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. (tmn/din)

Berita Terbaru