oleh

Pekerja Penggali Temukan Terowongan Rahasia Misterius Abad 12 pada Sebuah Taman di Inggris

Kabar6-Para pekerja di Tintern, Monmouthshire, Wales, Inggris, menemukan sebuah terowongan rahasia yang berasal dari abad ke-12, dan tidak ditandai di peta mana pun setidaknya sejak 1700-an.

Berawal ketika para pekerja itu, melansir metro.co.uk, dipanggil ke desa bersejarah tadi untuk memindahkan saluran listrik ke bagian lain milik pelanggan. Tetapi ketika mulai menggali jalan setapak di sepanjang sungai yang mengalir deras, mereka menemukan jalan setapak setinggi 1,2 meter.

“Sebelum pekerjaan dimulai, kami telah melakukan semua pemeriksaan seperti biasa dan tidak ada yang muncul di gambar peta atau catatan kami untuk menunjukkan ada sesuatu yang tidak biasa tentang situs tersebut,” kata Allyn Gore, seorang teknisi.

Ditambahkan, “Tapi tak lama setelah penggalian dimulai, tim penggali membuat penemuan luar biasa dari apa yang awalnya mereka anggap sebagai gua. Pekerjaan segera dihentikan dan kami berunding untuk memutuskan tindakan apa yang harus kami ambil selanjutnya.

“Saya sebelumnya pernah terlibat dalam penggalian lain di mana kami menemukan sumur tua dan gudang bawah tanah yang tidak ditampilkan pada peta mana pun, tetapi tidak ada yang semenarik dan mengesankan seperti ini,” ujarnya lagi.

Cadw, layanan warisan budaya dan sejarah Pemerintah Wales, kemudian dihubungi dan mereka mengirim seseorang untuk memeriksanya.

Gore menjelaskan, meskipun terpesona oleh penemuan itu, baik Western Power Distribution dan Cadw membuat keputusan untuk menutup kembali pintu masuk terowongan untuk mencegah risiko kerusakan sebelum pemeriksaan arkeologi yang mendalam dapat dilakukan.

“Kami menimbun kembali parit dan memulihkan semuanya karena bisa memakan waktu bertahun-tahun sebelum penyelidikan selesai,” terang Gore.

Diketahui, Tintern terletak di jantung Area Lembah Wye dengan keindahan alam yang luar biasa dan sisa-sisa Biara berasal dari awal abad ke-12. ** Baca juga: Sisa Potongan Sosis Menguak Misteri Perampokan 9 Tahun Lalu di Jerman

Di dekatnya juga terdapat banyak reruntuhan dari tungku tua. Diperkirakan bahwa terowongan, yang digali dan kemudian ditutup kembali pada Oktober lalu, mungkin terkait dengan itu.

Terowongan tersebut tidak dapat dilacak pada peta survei yang berasal dari 1700-an. Tidak ada seorang pun yang tinggal di daerah itu, atau siapa pun dari otoritas lokal, yang mengakui mengetahui bahwa itu bahkan ada di sana.(ilj/bbs)

Berita Terbaru