oleh

Pedagang Mengeluh, Ikan Langka Harga Meroket

Kabar6-Tidak melautnya para nelayan Tangerang akibat banjir dan air laut pasang, tak urung mulai memicu keluhan dari pedagang ikan di sejumlah pasar tradisional, Selasa (22/1/2013). 

Pasalnya, kelangkaan ikan yang terjadi sekaligus membuat harga jual ikan menjadi melambung tinggi. Alhasil, omset jual pedagangpun menjadi anjlok.

Setidaknya hal itulah yang dirasakan oleh sejumlah pedagang ikan di Pasar Gerendeng, Kelurahan Gerendeng, Kecamatann Karawaci, Kota Tangerang.

Bila biasanya ikan gembung dijual dengan harga Rp. 26 ribu per kilogram, kini melonjak menjadi Rp. 30 ribu per kilogram. Sedangkan ikan Kakap Merah yang biasanya cuma Rp. 35 per kilogram, kini naik menjadi Rp. 48 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk ikan Kakap Putih yang biasanya dijual Rp. 27 ribu per kilogram, kini menjadi Rp. 30 ribu per kilogram dan ikan Bawal Hitam yang biasanya Rp. 60 ribu per kilogram naik menjadi Rp. 70 ribu per kilogram.

“Kenaikan ini disebabkan kelangkaan ikan akibat banyaknya nelayan yang tidak turun melaut,” ujar Muhidin, salah seorang pedagang ikan di Pasar Grendeng.

Tak hanya itu, Muhidin juga mengaku sejak terjadinya kelangkaan ikan, omset dagangannya anjlok hingga 50 persen. “Selain harganya mahal, pembeli juga khawatir dengan kualitas ikan, karena jumlah cuma sedikit,” kata Muhidin lagi.

Ya, pengamatan kabar6.com, sejak banjir yang melanda beberapa hari terakhir, banyak pedagang ikan di pasar Gerendeng yang menutup lapaknya. Kelangkaan ikan mengakibatkan pedagang sulit mendapatkan pasokan ikan.(Ali)

Berita Terbaru