oleh

Pecahkan Rekor Dunia, Pesawat Kertas di Korsel Berhasil Terbang Sejauh 77 Meter

Kabar6-Pesawat hasil keterampilan tangan melipat kertas tiga pemuda di Korea Selatan (Korsel) berhasil terbang sejauh 77 meter, dan memecahkan rekor dunia Guinness World Record untuk jarak penerbangan terjauh.

Pesawat kertas tersebut, melansir News18, dirancang oleh Chee Yie Jian dari Malaysia, dilipat oleh Shin Moo Joon dan dilempar ke udara oleh Kim Kyu Tae, keduanya dari Korsel. Kim melempar pesawat itu delapan kali, dengan lemparan terbaiknya mencapai jarak 77 meter.

Lemparan itu memecahkan rekor dunia Guinness World Record untuk penerbangan terjauh dari pesawat kertas quarterback Joe Ayoob dan perancang pesawat kertas John M. Collins, yang mencapai jarak 68,9 meter pada 2012.

“Desain saya ditambah dengan modifikasi/penyesuaian sayap Shin dan ‘lengan roket’ Kim adalah kombinasi yang unggul, jadi saya tidak khawatir,” jelas Chee. ** Baca juga: Dijuluki ‘Pahlawan’, Bocah 10 Tahun di AS Bantu Ibunya Melahirkan dengan Panduan Lewat Telepon

Ditambahkan, Chee membentuk ‘Tim Shin Kim Chee’ setelah upaya pada 2019 untuk memecahkan rekor dunia gagal. Chee tidak hadir untuk upaya pemecahan rekor, dan belum pernah bertemu dua pria lainnya secara langsung, tetapi dia dan Shin telah berkorespondensi selama bertahun-tahun.

“Komunitas pesawat kertas kecil namun mendunia, karena semua orang mengenal satu sama lain secara online,” terang Chee. “Saya telah mengenal Shin hampir satu dekade sekarang dan kami terus menerus mendiskusikan cara-cara baru untuk terbang lebih tinggi, lebih jauh, dan lebih lama melalui email dan media sosial.” (ilj/bbs)