oleh

Patuhi 7 Aturan Ngemil Agar Berat Badan Tidak Makin Bertambah

Kabar6-Kebiasaan mengemil yang salah, memang bisa membuat berat badan naik. Dan jika kebiasaan itu berlangsung dalam jangka lama, Anda berisiko mengalami obesitas dan penyakit berbahaya lainnya.

Lantas bagaimana solusinya? Ada tujuh aturan mengemil, melansir klikdokter, yang sebaiknya Anda patuhi agar berat badan tidak makin bertambah. Pertama, pilihlah karbohidrat kompleks, karena jenis makanan ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh dan tidak membuat gula darah melonjak tinggi.

Selain itu, karbohidrat kompleks juga dapat memberikan pasokan energi bagi tubuh. Contoh camilan yang bisa dipilih misalnya produk kedelai, oat, dan roti gandum.

Aturan ngemil berikutnya adalah perbanyak konsumsi kacang-kacangan, karena merupakan kombinasi yang sempurna antara protein dengan lemak. Keduanya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kacang juga mengandung kalori dalam jumlah kecil, disertai berbagai mikronutrien lain yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Beberapa jenis kacang-kacangan yang sangat dianjurkan antara lain kacang almond, hazelnut, dan macadamia.

Berikan waktu khusus untuk mengemil. Faktanya, mengemil sambil melakukan aktivitas lain bisa membuat Anda makan dengan porsi yang lebih besar dalam waktu singkat.

Karena itu, lebih baik bila Anda memberikan waktu dan durasi khusus untuk ngemil. Tindakan ini bertujuan untuk membatasi porsi serta membiarkan tubuh mencerna dengan perlahan, yang pada akhirnya tidak akan membuat Anda gemuk.

Usahakan untuk mengatur waktu ngemil setiap hari pada jam yang sama, misalnya pukul 15.00 atau 16.00. Dengan memilih waktu di sore hari, Anda dapat menghindari gangguan pada jam makan malam.

Aturan mengemil di sore hari juga dapat membantu menghindari kesulitan tidur pada malam hari akibat kebiasaan ngemil setelah makan malam.

Cara mengemil sehat untuk diet adalah dengan mengonsumsi camilan sehat. Utamakan camilan yang tidak membuat gemuk, seperti buah dan sayuran. Pilihlah jenis buah yang tidak mengandung kalori dan kadar gula yang tinggi misalnya apel, buah beri, dan sejenisnya. Untuk sayuran, Anda bisa menjadikan timun dan seledri sebagai camilan sehari-hari.

Selanjutnya, pilih camilan dengan kandungan protein yang tinggi. Aturan mengemil ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menurunkan frekuensi dan jumlah camilan yang dikonsumsi.

Anda diingatkan juga untuk tidak tertipu camilan ‘low-fat’. Ketika mengonsumsi makanan atau camilan dengan label low-fat di kemasannya, Anda akan cenderung untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Jangan sampai Anda terjebak akan hal ini karena jumlah kalori dan lemak yang Anda konsumsi bisa saja berlebihan. Jadi, meskipun camilan tersebut tergolong low-fat, tetap batasi konsumsinya.

Selain memperhatikan aturan mengemil, kunci agar tidak mengalami pertambahan berat badan adalah kalori yang dibakar harus berbanding lurus dengan kalori yang masuk ke tubuh.

Artinya, jika hobi makan dan mengemil, Anda harus berolahraga untuk membakar kalori yang masuk dari makanan tersebut agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan. ** Baca juga: 9 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan dalam Kulkas Agar Awet

Salah satu jenis olahraga yang dapat Anda lakukan adalah high-intensity interval training (HIIT). Pemilihan jenis olahraga ini dimaksudkan agar membakar kalori banyak dalam waktu yang singkat. Pilihlah olahraga seperti zumba, menari, atau berenang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru