oleh

Pasca Pelantikan, Pemkab Pandeglang Open Bidding untuk 7 Kepala OPD

Kabar6-Pasca dilantikan belasan eselon II di lingkungan Pemkab Pandeglang yang dilakukan Bupati Pandeglang Irna Narulita, ada tiga kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kosong.

Contohnya, Dinas Sosial (Dinsos) yang dijabat oleh Tati Suwagiharti kini menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Taufik Hidayat yang menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) dan Kepala Satpol PP Dadan Saladin yang digeser menjadi Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Irna mengatakan, tiga kepala dinas yang kosong untuk sementara waktu akan isi oleh Pelaksana Tugas (Plt) dari Asisten Daerah (Asda) dan nantinya akan diisi oleh pejabat melalui open bidding atau lelang terbuka.

“Harus di isi yah (oleh pejabat) yang bisa meng-cover, Asda dulu yang pegang. Yang urgent, yang krusial asda yang pegang,” terang Irna.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Fahmi Suminta menerangkan, selain tiga OPD diatas yang baru kosong ditinggal kepalanya. Ada tiga kepala OPD dan satu Staf Ahli Bupati bidang Kesra dan SDM yang akan dilakukan Open Bidding. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mencari calon kepala OPD berkualitas.

Diantaranya, satu dari tiga Kepala OPD seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sudah lebih dulu kosong dan dijabat Plt setelah ditinggal Tb Saprudin yang telah pensiun beberapa waktu lalu. Artinya, hal itu menambah daftar Kepala OPD yang kosong.

Sedangkan, untuk Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Perikanan serta Staf Ahli Bupati akan dilakukan open bidding meskipun masa pensiun awal tahun 2020.

“Harus ada open bidding dulu (untuk 7 OPD) itu, kita kan mencari, OPD mana yang kita lakukan pengisian secara terbuka atau open bidding. Kan jabatannya (Kepala OPD) gak sama seperti administrator atau pengawas. Ini kan sudah pas, kita ingin cari yang terbaik di open bidding ini,” jelasnya.

**Baca juga: Bupati Irna Rotasi 13 Pejabat Eselon II, Ini Daftarnya.

Untuk melakukan open bidding, pihaknya terlebih dulu akan mengajukan tim seleksi ke Komisi Aparatur Sipil (KASN) dan pada bulan September open bidding tersebut baru akan dimulai.

“Nanti kita kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk uji kompetensi. Saya berharap dibulan Desember bisa terisi semua yang tujuh ini,” tandasnya.(aep)

Berita Terbaru