Pasca Lebaran, Kabupaten Tangerang Siapkan Operasi Yustisi

Operasi Yustisi di Balaraja.(Dok K6)

Kabar6-Pemerintah Kabupaten Tangerang bersiap menjaring pendatang pasca Lebaran melalui operasi kependudukan atau operasi yustisi.

“Operasi yustisi dilakukan dalam waktu dekat ini secara gabungan,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang, Syafrudin, Selasa (3/7/2018).

Syafrudin mengatakan banyak instansi yang terlibat dalam operasi bersama ini. Selain Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, ada Satuan Polisi Pamong Praja, Kepolisian, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana. “Leading sektor operasi yustisi ini di Satpol PP,” kata Syafrudin.

Menurut Syafrudin, kepastian digelarnya operasi yustisi pasca Lebaran ini setelah dilakukan rapat dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Rudi Maesal. “Pak Sekda sudah menyampaikan,” katanya.

Operasi yustisi, merupakan langkah pemerintah daerah mengendalikan arus urbanisasi yang tinggi setelah libur Lebaran. Sebagian besar para pendatang dari berbagai daerah di pulau Jawa dan Sumatera ini datang dengan tujuan mencari pekerjaan.

Meski tidak menyebutkan data pastinya, Syafrudin memperkirakan arus urbanisasi di Kabupaten Tangerang usai Lebaran ini melonjak tajam.**Baca Juga: Temuan BPK, TRUTH: Ada Indikasi Bancakan Proyek di Pemkot Tangsel.

“Indikator ini terlihat dari meningkatnya pelayanan kependudukan pasca Lebaran,” katanya.(GFM)